Kaya Protein, 4 Serangga Ini Aman Dikonsumsi Manusia

Ilustrasi serangga yang aman dikonsumsi manusia. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 31 Mei 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Mungkin beberapa di antara kalian akan merasa heran atau sedikit geli ketika mendengar makanan yang terbuat dari serangga. Padahal serangga memiliki kandungan protein yang tinggi.

Melansir sejumlah sumber, pada penelitian yang diterbitkan dalam Food Science of Animal Resources, dijelaskan bahwa serangga berprotein tinggi dan bisa dikonsumsi manusia.

Bahkan kandungan protein serangga mencapai 35 hingga 60 persen kebutuhan harian orang dewasa. Nilai itu dianggap lebih tinggi dari sumber protein nabati seperti sereal, kedelai dan lentil.

Kandungan lemak serangga juga beragam sekitar 10 sampai 60 persen. Bahkan, sebagian besar lemaknya merupakan lemak sehat.

Adapun beberapa serangga yang bisa dikonsumsi manusia:

1. Rayap

Rayap termasuk serangga yang aman dikonsumsi manusia. Pada riset 2020 menyatakan, rayap kaya akan mangan yang berpengaruh pada metabolisme dan penting untuk tulang juga kekebalan tubuh.

Selain itu, rayap juga mengandung hingga 100 kali konsentrasi mineral dibandingan serangga lainnya.

2. Jangkrik

Jangkrik termasuk serangga yang aman dikonsumsi manusia. Ada yang mengolahnya sebagai tepung dan ada juga yang diolah bersama makanan seperti taco contohnya, yang merupakan makanan khas Meksiko.

Dua sendok makan tepung jangkrik mengandung 50 kalori, 6 gram protein dan 2,5 gram lemak. Pada riset 2018 yang diterbitkan Scientific Reports membuktikan jangkrik mengandung probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Kaya Protein, 4 Serangga Ini Aman Dikonsumsi Manusia
Mengenal Laba-laba Merak, Fauna Endemik Unik Asal Australia

3. Larva ulat sutera

Jurnal Food menyatakan larva ulat sutera termasuk serangga yang aman dikonsumsi manusia dan merupakan alternatif sumber pangan. Penelitian tersebut menyatakan larva ulat sutera mengandung 50 persen protein dan 30 persen lemak baik.

4. Belalang

Belalang juga termasuk serangga yang aman dikonsumsi manusia. Belalang mengandung tinggi protein dan lemak serta rendah karbohidrat. Bahkan, kandungan antioksidan belalang lima kali lebih banyak daripada jus jeruk segar.

Video Terkait