Deretan Minuman Khas Indonesia Berbahan Santan, Enak dan Menyegarkan!

Ilustrasi Cendol (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 31 Mei 2022 | 13:50 WIB

Sariagri - Membahas kuliner Indonesia tidak akan ada habisnya karena setiap daerah memiliki beragam jenis makanan dan minuman khas. Di antaranya, terdapat minuman asli Indonesia berbahan dasar santan yang bercita rasa manis dan gurih. 

Bahan santan yang digunakan untuk minuman adalah santan yang diolah terlebih dahulu atau yang sudah diracik bersama dengan bahan lain sebagai pelengkap. Tak heran apabila minuman bercita rasa manis dan gurih ini memiliki banyak peminat.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan minuman yang berbahan dasar santan, simak ulasan berikut ini ya.

1. Es Cendol Dawet

Cendol terbuat dari berbahan dasar tepung beras yang dibentuk menggunakan penyaringan. Umumnya, cendol dawet disajikan dengan campuran air gula dan santan.

Es cendol dawet memiliki berbagai sebutan, jika di daerah Jawa Barat, banyak masyarakat sana menyebutnya dengan nama cendol. Sedangkan, di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Di daerah Kabupaten Banjarnegara dikenal dengan es dawet ayu.

2. Es Gempol Pleret

Jika kamu berkunjung ke daerah Jawa Tengah, kamu akan menemukan minuman bernama gempol pleret. Sama dengan cendol, minuman ini dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan santan, sirup, lalu diberi es.

3. Es Selendang Mayang

Minuman khas Betawi yang satu ini merupakan perpaduan kue kenyal warna-warni yang terbuat dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah serta saus gula merah. Rasanya yang manis dan gurih membuat es selendang mayang disukai banyak orang.

4. Es pisang ijo

Es pisang ijo adalah minuman khas Sulawesi Selatan. Seperti namanya, minuman ini berbahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian dikukus hingga matang. Es pisang ijo kerap dihidangkan dengan sirup cocopandan, es batu, serta bubur sumsum yang lembut.

5. Es kacang merah

Biasanya, kacang merah dibuat sebagai lauk masakan, saat diolah menjadi minuman pun rasanya juga enak loh. Es kacang merah ini bisa dijadikan sebagai sajian penutup.

6. Es Bongko

Es bongko merupakan minuman khas Pontianak yang salah satu bahannya adalah santan. Es bongko sebenarnya terbuat dari adonan tepung hunkwe yang dicampur air endapan daun pandan dan daun suji.

Lalu, dimasak matang dan didiamkan hingga adonan mengeras, setelah itu dipotong-potong. Biasa disajikan dengan kuah santan, kuah gula merah, dan es batu.

7. Es Pallu Butung

Jika dilihat, sekilas es yang berasal dari Sulawesi Selatan ini mirip dengan es pisang ijo. Bedanya, es pallu butung hanya menggunakan pisang raja matang yang dihidangkan utuh. Penyajiannya bersamaan dengan bubur sumsum, potongan pisang raja matang, sirup, dan es batu.

8. Es Goyobod

Siapa nih dari kalian yang berasal dari Garut, Jawa Barat? Bagi kalian warga Garut mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman satu ini. Minuman ini berbahan dasar santan dan mirip dengan es campur.

Terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan yang dikenal sebagai hunkwe. Bahan lainnya termasuk alpukat dan kelapa yang diparut.

9. Bajigur

Bajigur merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat yang mempunyai rasa yang menyegarkan. Bahan utamanya yaitu gula aren dan santan, ditambah dengan berbagai rempah seperti jahe, garam, dan vanili bubuk. Bajigur sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Baca Juga: Deretan Minuman Khas Indonesia Berbahan Santan, Enak dan Menyegarkan!
Tidak Hanya Makanan, 4 Minuman Ini Sangat Bahaya untuk Kesehatan Hati

10. Es teler

Es teler merupakan minuman yang berbahan baku santan yang didalamnya terdapat serutan alpukat, kelapa muda, potongan Nangka, susu kental manis, sirup, santan, dan es serut. Minuman ini merupakan minuman khas yang berasal dari Jawa Tengah.

11. Es Lontrong

Es lontrong berisi cincau hitam, kacang hijau, es serut yang diguyur dengan air santan dan sirup pandan berwarna merah menggoda. Es lontrong termasuk minuman khas dari Slawi atau Tegal, Jawa Tengah.

Video Terkait