5 Cara agar Hidangan Brokoli Terasa Lebih Nikmat

Ilustrasi brokoli. (Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 29 Mei 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Karena banyak sayuran hijau sehat memiliki rasa pahit yang kuat (seperti kangkung, lobak dan bayam), rasa brokoli yang lebih lembut memberikan keuntungan. Hal tersebut membuat brokoli benar-benar serbaguna di dapur!

Sangat mudah bosan dengan brokoli jika kamu hanya memakannya dikukus setiap hari. Padahal ada banyak cara untuk membumbuinya dan membuatnya lebih beraroma sehingga kamu bahkan anak-anak, tidak akan bisa menolaknya.

Berikut cara mengolah brokoli, mengutip berbagai sumber.

1. Brokoli Panggang dengan Bawang Putih dan Parmesan

Resep brokoli panggang bawang putih ini pasti akan mengubah brokoli menjadi salah satu sayuran favorit kamu. Potong brokoli menjadi dan satu atau dua siung bawang putih.

Campur dengan satu atau dua sendok makan minyak dan sedikit garam dan merica. Panggang brokoli selama 20 – 25 menit dalam oven, kemudia tambah keju parmesan. Brokoli akan tersaji dengan tekstur lembut-garing yang enak!

2. Brokoli Bawang Bombay, Bawang Putih dan Mentega

Bawang putih dan mentega membantu membuat rasa brokoli nikmat tak tertahankan. Cukup tumis brokoli dalam wajan dengan sedikit mentega, sedikit bawang bombay dan bawang putih yang diparut. Tambahkan sedikit air lemon jika diinginkan.

3. Saus Brokoli

Kamu bisa membuat saus rendah kalori yang enak dengan memadukan brokoli kukus, yogurt rendah lemak, daun bawang, paprika, dan bawang putih segar. Celupkan wortel atau zucchini mentah ke dalamnya!

Baca Juga: 5 Cara agar Hidangan Brokoli Terasa Lebih Nikmat
5 Sayuran Ini Kaya akan Protein, Bisa Diolah dengan Mudah!

4. Tumis Pedas atau Gurih

Tumis dengan sedikit minyak zaitun beserta paprika, garam dan serpihan paprika merah yang dihancurkan. Semudah itu! Jika kamu suka rasa pedas, tambahkan sedikit kulit jeruk atau lemon parut, satu atau dua sendok makan perasan jeruk atau lemon, dan sedikit lada hitam.

Hidangan ini baik untuk dipasangkan dengan ayam atau steak.

5. Tumis dengan Minyak Wijen

Minyak wijen memberikan rasa khas masakan Asia, jadi ini bisa menjadikan brokoli sebagai makanan pendamping yang ideal dengan hidangan yang terinspirasi dari Cina atau Thailand. Kamu juga bisa memasukkan paprika hijau atau merah jika suka.

Video Terkait