Jangan Sampai Salah, Ini 6 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Ilustrasi Baking Soda (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 30 Mei 2022 | 16:55 WIB

Sariagri - Siapa nih yang masih menganggap jika baking soda dan baking powder adalah bahan makanan yang sama? Jika iya, kamu salah besar. Memang benar, keduanya sekilas mirip dari segi bentuk dan tekstur. Namun, yang perlu kamu harus ingat bahwa keduanya berbeda.

Lantas, apa saja perbedaannya? Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Pengertian

Baking soda atau soda bikarbonat (sodium bikarbonat) adalah bahan pengembang kimiawi yang biasa digunakan untuk memanggang roti dan kue. Baking soda adalah senyawa basa yang tidak bersifat asam.

Sementara baking powder merupakan bahan yang terbuat dari kombinasi sodium bicarbonate dan zat asam monocalcium phosphate serta sodium aluminum sulfate. Tambahan dua zat tersebut membuat waktu kembangnya kue menjadi lebih lama.

2. Penggunaan

Baking soda biasanya sering digunakan dalam resep yang punya bahan-bahan asam seperti buttermilk, air lemon, keju, yoghurt, sour cream, atau cuka.

Kalau baking powder, digunakan dalam resep yang tidak punya bahan-bahan asam seperti untuk biskuit, roti jagung, atau pancake. Baking powder juga bisa membuat tekstur kue menjadi lebih renyah, jadi sangat cocok jika digunakan untuk biskuit atau kue kering.

3. Cara Kerja

Baking soda membutuhkan bahan asam agar dapat bereaksi dengan maksimal, seperti lemon, yoghurt atau susu. Penggunaan baking powder sebagai ragi adonan kue akan memberikan tambahan waktu hingga 20 menit sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven. Selain itu, baking soda lebih cocok digunakan untuk kue yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang.

Sedangkan, baking powder sudah dilengkapi dengan bahan asam dari awalnya sehingga bisa langsung berfungsi tanpa tambahan cairan lain. Resep kue yang menggunakan baking soda harus segera dimasak setelah diadon, agar tetap bisa mengembang. Jika terlalu lama di luar, maka hasil kue tersebut akan bantat.

4. Daya Pengembang

Soda kue dan baking powder sama-sama berwujud bubuk putih. Tetapi, soda kue bisa 3-4 kali bereaksi lebih cepat dibanding baking powder.

Ketika kedua bahan ini dicampurkan dalam adonan dan dipanaskan dalam oven, bahan pengembang ini akan bereaksi dengan adonan dan menghasilkan karbondioksida, sehingga membuat adonan lebih mengembang.

5. Pengaruh Rasa

Baking soda bersifat sangat basa, sehingga takaran dalam penggunaannya pun perlu kamu perhatikan. Terlalu banyak penggunaan baking soda akan membuat hasil akhir kue memiliki rasa pahit dan getir. Rasa pahit ini timbul karena Natrium Bikarbonat bereaksi dengan Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsinya.

Sementara pada baking powder, jika kamu menggunakannya terlalu banyak tidak akan begitu mempengaruhi rasa. Jadi, ketika ada resep kue yang secara spesifik memasukkan bahan baking powder atau baking soda, sebaiknya tidak menggantinya satu sama lain, karena kemungkinan hasilnya bisa berbeda dari yang sudah seharusnya.

6. Hasil

Baking soda bereaksi dengan lebih cepat, oleh sebab itu proses pengembangan adonan akan langsung terjadi saat bahan ini bercampur dengan bahan asam.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 6 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Katanya Bisa Bikin Awet, Ternyata Menyimpan Roti di Kulkas Salah Besar!

Jika kamu menggunakan baking soda, ada baiknya segera mengukus atau memanggang adonan yang sudah mengembang. Jika terlalu lama, maka kue yang dihasilkan akan gagal mengembang dan tidak empuk.

Sebaliknya, baking powder yang dibubuhkan dalam adonan, relatif aman ketika dibiarkan dalam waktu yang lama. Hal itu karena masih ada proses pengembangan lagi ketika dipanaskan.

Video Terkait