Luar Biasa, Ini Manfaat Manfaat Sumsum Tulang Sapi untuk Kesehatan

Ilustrasi sumsum tulang sapi. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Kamis, 26 Mei 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Kelezatan sumsum tulang sapi kini banyak divariasikan sebagai olahan makanan. Biasanya, sumsum tulang sapi direbus untuk kaldu atau sup hangat.

Kandungan terbesar dari sumsum tulang sapi adalah lemak sekitar 96 persen. Penelitian tahun 2014 mengungkapkan jaringan-jaringan lemak dalam sumsum bisa menjadi sumber hormon khusus bernama adiponektin dalam tubuh.

Tulang sapi pun kaya akan berbagai jenis mineral penting seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Sumsum tulang sapi juga menawarkan kolagen serta glukosamin atau zat kimia alami untuk persendian.

Berikut manfaat tulang sumsum sapi untuk kesehatan meliputi:

Pencernaan

Manfaat sumsum tulang sapi adalah untuk melancarkan pencernaan karena kandungan gelatin di dalamnya. Kandungan ini merupakan protein khusus yang juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan, meningkatkan kadar bakteri baik di usus serta meredakan berbagai macam peradangan pada sistem pencernaan.

Melindungi sendi

Manfaat sumsum tulang sapi juga untuk melindungi sendi karena kaya akan kandungan kolagen dan glukosamin. Kedua zat ini bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan persendian sekaligus menjaganya agar tetap kuat dan lentur. Biasanya, sumsum tulang sapi dimanfaatkan untuk mencegah pengapuran sendi oleh lansia.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Manfaat Manfaat Sumsum Tulang Sapi untuk Kesehatan
Intip 4 Kebiasaan Makan Sehat Tom Cruise yang Bikin Segar di Usia 59

Imun tubuh

Manfaat lainnya yaitu bisa menjaga kekebalan tubuh. Sumsum tulang sapi mengandung senyawa alkilgliserol atau AKG yang berfungsi menjaga keseimbangan sel darah putih dalam tubuh.

Mengurangi risiko diabetes

Penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan kandungan adiponektin berguna untuk mencegah diabetes. Kadar adiponektin yang tinggi menyebabkan hormon insulin bekerja lebih feketif sehingga kadar gua dalam tubuh tidak akan melonjak tinggi.

Video Terkait