5 Makanan Ini Dapat Mengatasi Rasa Lelah

Daging sapi. (Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 24 Mei 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Tubuh mengeluarkan apa yang kamu makan. Cara terbaik untuk mendapatkan energi paling banyak dari makanan adalah memastikan kamu mengonsumsi makanan terbaik.

Pernahkah memperhatikan bagaimana kamu merasa lesu setelah makan siang atau makan malam yang banyak? Itu karena tubuh menggunakan energinya untuk mencerna makanan besar alih-alih memberi kekuatan pada seluruh tubuh.

Mengutip Healthline, berikut makanan yang dapat mengatasi rasa lelah.

1. Buah dan Sayuran Segar Musiman

Semakin segar makanan, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Tidak seperti makanan olahan yang mungkin kehilangan nutrisi untuk umur simpan yang lebih lama.

Makanan segar biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Makan buah dan sayuran di musimnya berarti mereka matang secara alami.

2. Minuman Non-kafein

Kafein tidak apa-apa jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selain itu terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meskipun memberikan dorongan jangka pendek, kafein tidak benar-benar memberi energi pada tubuh.

Tegukan pertama mungkin membuat kamu bertenaga, tetapi jika tidak memberi tubuh nutrisi yang baik serta makanan seimbang, kamu akhirnya akan merasa lelah.

Jika harus memperbaikinya, pilihlah kopi hitam atau teh tanpa pemanis. Soda dan minuman energi bisa mengandung banyak gula rafinasi dan bahan-bahan buatan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Protein Tanpa Lemak

Daging merah yang dilumuri lemak menambahkan lemak jenuh ke dalam dietmu. Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan ikan, tetap menyediakan protein berkualitas, tetapi mengandung lebih sedikit lemak jenuh.

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, dapat menambahkan lemak sehat yang bermanfaat untuk jantung.

4. Biji-bijian Utuh dan Karbohidrat Kompleks

Sama seperti makanan olahan, karbohidrat olahan seperti gula dan tepung menambahkan sedikit nutrisi. Memilih makanan biji-bijian dan karbohidrat kompleks memberikan tubuh manfaat penuh serat.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dapat Mengatasi Rasa Lelah
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan terbaik untuk mengalahkan rasa lelah dan melawan rasa lapar. Memberikan berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian dalam makanan dapat memberikan nutrisi dan energi yang sehat.

Cobalah almond, kacang mete, walnut, biji bunga matahari, dan biji labu. Jadikan kacang-kacangan itu camilan tengah hari yang sempurna.

Video Terkait