Nikmatnya Teh Keju Taiwan, Teh Gurih Beraroma Memikat

Ilustrasi teh keju. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:20 WIB

Sariagri -  Jangan bilang kalau kamu pecinta teh sejati kalau belum coba teh keju Taiwan. Teh asal Taiwan ini memiliki cita rasa unik, perpaduan manis, gurih dan aroma teh yang memikat.

Teh keju biasanya disajikan dingin yang terbuat dari teh hijau atau hitam dengan tambahan susu, lalu diberi toping keju krim kocok serta taburan garam.

Melansir the spruce eats, teh keju awalnya muncul di pasar malam Taiwan sekitar tahun 2010. Awalnya, teh keju yang manis, asin, dan lembut ini hanya dapat ditemukan di negara-negara Asia, namun popularitasnya terus meningkat hingga dapat ditemukan di mancanegara.

Versi tradisionalnya, teh keju biasanya menggunakan keju bubuk yang dicampur dengan krim kocok dan susu untuk mendapatkan lapisan berbusa di atas secangkir teh. Minuman ini ditambahkan dengan sedikit garam, yang memberi rasa teh ini semakin kontras menghasilkan busa manis asin dan gurih.

Teh ini berevolusi menjadi minuman kelas atas saat dibawa ke provinsi Guangdong di Cina pada tahun 2012. Di sana, keju bubuk diganti dengan keju krim yang dipasangkan dengan susu untuk membuat buih selembut awan.

Baca Juga: Nikmatnya Teh Keju Taiwan, Teh Gurih Beraroma Memikat
Minum Tiga Cangkir Teh Sehari Ternyata Mengurangi Risiko Demensia

Tutup kejunya tebal, tetapi dapat dihirup, seperti busa pada latte atau cappuccino. Tidak seperti minuman lain, teh keju disajikan dingin dan lebih cocok menggunakan seduhan teh hijau atau hitam, meskipun jenis teh lainnya juga dapat digunakan.

Cara minum teh Keju

Ide awal muncul racikan teh ini adalah untuk menyesap rasa teh dan busa manis di mulut pada saat bersamaan. Itu sebabnya teh ini biasanya tidak memiliki sedotan atau atau sendok, namun diganti dengan tutup khusus untuk menyesap busa dan teh secara bersamaan. Selain itu, teh ini sebaiknya dinikmati dalam keadaan dingin, tanpa es dan tanpa sedotan.

Video Terkait