Tidak Hanya buat Kulit, Air Beras juga Bagus untuk Rambut Loh!

Ilustrasi beras. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 25 Mei 2022 | 19:35 WIB

Sariagri - Seringkali kita mendengar untuk tidak membuang air beras karena manfaatnya yang cukup bagus untuk kecantikan. Air beras ternyata tidak hanya berguna untuk kulit, tetapi juga rambut.

Melansir Woman's World, reputasi air beras untuk menguatkan rambut sudah ada sejak berabad-abad lalu yang berasal dari periode Heian Jepang antara 794 hingga 1185. Wanita di era ini terkenal dengan rambut panjangnya yang terurai mencapai lantai.

Para peneliti mengklaim pujian itu berasal dari praktik "yu-su-ru" atau membilas rambut mereka dengan air beras.

Penulis Brittany Ladin juga mencoba melakukan hal tersebut untuk tulisan di laman Healthline. Sebagai pemilik rambut pirang yang diputihkan dan untaian yang sangat rapuh, dia bahkan tidak bisa menggunakan ikat rambut biasa tanpa menyebabkan kerusakan.

Seiring dengan semua vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya dalam beras yang larut ke dalam air, Lardin juga menemukan sebuah penelitian yang menjelaskan beras mengandung inositol. Inositol adalah senyawa yang membantu memperbaiki rambut rusak dari dalam ke luar. Jadi, dia berharap ini akan membawa kehidupan kembali ke kuncinya.

Lardin memulai dengan membilas berasnya terlebih dahulu, kemudian membiarkan air dari putaran kedua pada suhu ruang selama sekitar 12 hingga 24 jam.

"Ini memungkinkannya untuk berfermentasi dan semua vitamin dan mineral yang enak keluar," jelasnya.

Berhati-hatilah untuk tidak membiarkannya lebih lama dari itu (seperti yang dia lakukan pada upaya pertamanya) atau hasilnya akan buruk. Tapi setelah membiarkan air bilasan berfermentasi, seseorang bisa memasukkannya ke dalam lemari es dan akan bertahan selama seminggu.

Lardin kemudian menggunakan air beras di rambutnya setelah keramas dan mengondisikan secara normal. Dia memfokuskan pada kulit kepalanya dan keluar melalui helaian rambut. Setelah didiamkan selama dua hingga lima menit sebelum dibilas, dia mengatakan rambutnya mengalami peningkatan.

"Rambut saya sudah terasa berbeda. Tampaknya memiliki semacam lapisan luar, atau cangkang tipis, di sekitar setiap helai, melindungi rambut saya saat saya menyisirnya,” tulis Lardin. “Biasanya rambut saya patah saat saya menyisir rambut saya untuk menghilangkan kekusutan. Tapi kali ini, rambut saya menahannya sendiri.”

Baca Juga: Tidak Hanya buat Kulit, Air Beras juga Bagus untuk Rambut Loh!
Begini Cara Hilangkan Arsenik pada Beras Tanpa Hilangkan Nutrisi Utama

Hasil itu semakin baik karena dia terus menggunakan air beras di rambutnya sepanjang minggu.

Blogger Curly Cailín memodifikasi metode ini dengan merebus berasnya, bukan hanya merendamnya. Dalam hal ini, air sebagian besar diserap ke dalam biji-bijian, jadi dia memerasnya melalui saringan untuk mendapatkan yang lebih kental.

Setelah dingin, dia mencampur sedikit kondisioner untuk membuatnya lebih melembabkan, mengoleskannya ke setiap helai rambut, dan membiarkannya bekerja dengan ajaib selama 30 menit hingga satu jam sebelum dibilas. Hasilnya pun memuaskannya.

Video Terkait