Bisa Tahan 6 Bulan, Begini Tips Menyimpan Mangga dengan Benar

Ilustrasi mangga. (pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Rabu, 25 Mei 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Mangga matang yang dibiarkan terlalu lama akan cepat membusuk dan terbuang sia-sia. Maka itu, harus diperhatikan cara menyimpan mangga supaya tidak cepat busuk.

Melansir berbagai sumber, cara menyimpan mangga termasuk mudah. Di mana buah yang belum matang bisa dibiarkan begitu saja pada suhu ruang.

Caranya, balut mangga dengan kertas lalu biarkan di suhu ruang. Mangga yang sudah empuk ketika ditekan artinya sudah matang dan siap untuk dimakan.

Ketika mangga matang ingin disantap beberapa hari ke depan, buah tersebut bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Dingin pada kulkas bisa memperlambat proses pematangan. Mangga utuh ini bisa bertahan selama lima hari dalam kulkas.

Selain itu, mangga yang sudah dipotong dan tidak ingin langsung dimakan juga bisa dimasukkan dalam kulkas. Masukkan mangga potong ke wadah kedap udara dan simpan di kulkas. Mangga potong bisa bertahan hingga seminggu. Namun apabila mangga mengeluarkan bau asam, sebaiknya buang saja.

Cara menyimpan mangga potong juga bisa dibekukan dalam freezer. Susun potongan mangga di atas loyang yang dialasi kertas roti. Pastikan potongan tidak saling bersentuhan.

Setelah itu, taruh loyang di dalam freezer selama dua jam atau semalaman. Setelah itu pindahkan mangga beku ke kantong ramah freezer dan keluarkan udara dari kantongnya. Tutup rapat kantong tersebut dan berikan label tanggal.

Baca Juga: Bisa Tahan 6 Bulan, Begini Tips Menyimpan Mangga dengan Benar
Berkah Lebaran, Pedagang Mangga di Indramayu Raup Rp10 Juta Sehari

Nah, mangga yang dibekukan dengan cara seperti ini dapat bertahan hingga enam bulan. Cara mencairkannya pun mudah, taruh di lemari es semalaman. Selain itu bisa juga dengan menaruh kantung mangga beku di semangkuk air dingin. Buah tersebut akan cair dalam tiga jam.

Meski demikian, jangan kaget jika tekstur mangga menjadi lebih lunak. Namun rasanya akan tetap sama seperti mangga segar.

Video Terkait