Cokelat dengan Resep Kuno Segera Dijual di Jepang

Ilustrasi - Cokelat. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 23 Mei 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Meski mungkin tidak sesuai dengan selera masyarakat umum tetapi cokelat yang diolah dengan resep dari Zaman Edo (1603-1867) siap diedarkan di Jepang. Ide produk itu berasal dari badan  wisata di sana yang akan dijual dengan nama Youan.  

Melansir Asahi Shimbun, penawaran yang tidak biasa ini terinspirasi ajaran memasak yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang selama masa feodal oleh Udagawa Yoan (1798-1846), dokter dan sarjana studi Barat yang bekerja di Tsuyama atau Prefektur Okayama saat ini di barat daya Jepang.

“Kami memasaknya persis seperti resep yang diajarkan untuk membuatnya seotentik mungkin meniru rasa menurut Tsuyama. Tapi saya harus mengatakan itu kurang enak,” ujar Mikie Kobayashi, pejabat Badan Pariwisata Kota Tsuyama yang terlibat dalam proyek satu tahun untuk mengembangkan produk.

Metode memasak cokelat itu awalnya tertuang dalam ensiklopedia rumah tangga yang diterbitkan di Prancis. Petunjuk tentang cara memasak "cokelat" disertakan dalam "Kosei Shinpen", terjemahan bahasa Jepang dari ensiklopedia Prancis versi bahasa Belanda. Bahan-bahannya termasuk kapulaga pahit serta kayu manis dan cengkeh, yang memberi rasa obat pada produk jadi daripada manisan tradisional.

Kobayashi terus mengutak-atik resep yang pada dasarnya mengikuti bahan aslinya. Pada akhirnya, dia menambahkan lebih banyak mentega dan kakao untuk versi padat terakhir.

Baca Juga: Cokelat dengan Resep Kuno Segera Dijual di Jepang
4 Cara Makan Cokelat Tanpa Khawatir Berat Badan Naik



Menurut dia, rasa cokelat itu tidak terlalu manis tetapi dengan rasa dalam mirip dark chocolate.

Coklat ini akan dijual dalam sebuah tas berisi delapan potong Youan Chocolat seharga 650 yen atau sekitar Rp75 ribu dan tersedia di pusat pariwisata Tsuyama dan tempat lainnya.

 

Video Terkait