Ilmuwan Cina Temukan Gen Baru Tingkatkan Hasil Produksi Gandum

Tanaman gandum. (Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 22 Mei 2022 | 15:30 WIB

Para ilmuwan di Akademi Ilmu Pertanian Cina (CAAS) dilaporkan telah menemukan gen baru yang dapat meningkatkan hasil produksi gandum. Gen ini mampu meningkatkan toleransi kekeringan tanaman dan efektivitas penggunaan nitrogen.

Dilansir china.org.cn, Ma Youzhi dari Akademi Ilmu Pertanian Cina mengatakan kekeringan dan kekurangan nitrogen merupakan faktor penghambat utama yang mempengaruhi hasil gandum global.

Karena itu, meningkatkan toleransi kekeringan dan efektivitas penggunaan nutrisi secara genetik memungkinkan produksi gandum berkelanjutan dan stabil di daerah kekurangan air dan kesuburan tanahnya rendah karena pemanasan global dan penurunan sumber daya alam.

Baca Juga: Ilmuwan Cina Temukan Gen Baru Tingkatkan Hasil Produksi Gandum
Varietas dan Ketinggian Tempat Penentu Umur Panen Gandum Tropis

Para peneliti di Akademi Ilmu Pertanian Cina mengkloning GmTDN1, gen yang mengkode faktor transkripsi seperti DREB, dari varietas kedelai tahan stres dan memasukkannya ke dalam dua varietas gandum musim dingin modern. Varietas gandum menunjukkan perbaikan signifikan dalam kekeringan dan toleransi rendah nitrogen.

Menurut penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Plant Biotechnology Journal, temuan itu memiliki potensi untuk berkontribusi pada ketahanan pangan global dengan meningkatkan toleransi kekeringan dan efektivitas penggunaan nitrogen pada tanaman sereal.

 

Video Terkait