5 Asupan Penambah Darah untuk Penderita Anemia

Ilustrasi buah bit. (Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 22 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Akibatnya, darah menjadi tidak mampu membawa oksigen dalam jumlah yang cukup.

Diketahui bahwa anemia bisa bersifat sementara atau jangka panjang dan dapat berkisar dari ringan hingga berat. Makanan memainkan peran paling penting dalam menjaga kadar Hb yang sehat.

Mengutip berbagai sumber, berikut makanan yang dapat melawan anemia.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang merah dan buncis kaya akan zat besi, folat, dan vitamin C, yang diperlukan untuk sintesis hemoglobin.

2. Buah Kaya Vitamin C

Buah-buahan seperti stroberi dan pisang kaya akan vitamin C membantu penyerapan zat besi yang optimal dari makanan yang kita makan dan suplemen yang kita konsumsi.

Tanpa vitamin C yang cukup, konsumsi zat besi saja tidak dapat meningkatkan kadar hemoglobin secara substansial.

3. Buah Kering

Buah-buahan kering seperti kismis, kurma, dan aprikot kaya akan zat besi, serat, dan vitamin, mudah dimasukkan ke dalam menu camilan sehat dan dapat meningkatkan kadar Hb.

4. Buah Kaya Zat Besi

Buah-buahan seperti apel, pisang, dan delima merupakan sumber yang kaya zat besi dan harus dikonsumsi setiap hari oleh penderita anemia.

Baca Juga: 5 Asupan Penambah Darah untuk Penderita Anemia
Wajib Diperhatikan Nih! Usai Vaksin COVID-19, Ini Makanan dan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Hal tersebut dikarenakan buah-buahan tersebut dapat membuat pipi merah muda dan tetap sehat. Mulberry dan blackcurrant juga kaya zat besi.

5. Bit

Jus merah muda gelap yang keluar dari bit tepat mewakili potensinya untuk menyembuhkan anemia. Sayuran ini kaya akan zat besi, vitamin C dan folat.

Video Terkait