Mengintip Bahaya Kerupuk, Si Renyah Gurih yang Membahayakan

Ilustrasi Industri Kerupuk. (Sariargi/Antara)

Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Bagi sebagian orang, makan tanpa adanya keberadaan kerupuk dirasa kurang nikmat. Rasa yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadi salah satu mengapa orang gemar makan kerupuk. 

Di Indonesia sendiri, kerupuk memiliki banyak jenis dan rasa. Meski harganya murah dan mudah di dapat, sayangnya makanan pelengkap yang satu ini tidak selamanya baik dikonsumsi. 

Sebab terlalu sering mengkonsumsi camilan renyah ini ternyata buruk untuk kesehatan. Ada beberapa bahaya yang mengintai. Simak ulasannya yang Sariagri rangkum dari berbagai sumber.

1. Risiko Obesitas

Tingginya kandungan minyak yang terdapat pada kerupuk membuat kandungan kalori dan lemak mengendap di permukaan kerupuk. Kelebihan minyak yang terdapat di kerupuk sudah pasti akan menyebabkan kegemukan. 

Menurut Medlineplus.gov, salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh tertinggi adalah minyak goreng. Lemak jenuh ini bisa mempengaruhi kesehatan jantung dan berat badan jadi berlebih.

2. Tekanan Darah Tinggi

Selain minyak, kandungan lain yang sangat tinggi pada kerupuk adalah natrium. Maka tak heran jika banyak orang yang senang makan kerupuk karena rasanya yang gurih. 

Banyaknya taburan garam dan berbagai bumbu penyedap inilah yang bisa kerupuk memiliki rasa lebih gurih. Mengkonsumsinya dengan berlebihan tentu akan membuat kita lebih berisiko terkena masalah tekanan darah tinggi.

3. Menyebabkan Gagal Ginjal

Banyaknya kandungan berbahaya pada kerupuk akan membuat ginjal bekerja dengan terlalu keras. Padahal ginjal yang bekerja tidak sesuai porsinya, akan merusak sistem kinerjanya. Akibatnya resiko gagal ginjal pun ikut meningkat.

4. Kanker

Kerupuk mengandung sodium yang tinggi untuk meningkatkan rasa. Dilansir dari livescience.com, kelebihan sodium bisa mempengaruhi kanker. 

Baca Juga: Mengintip Bahaya Kerupuk, Si Renyah Gurih yang Membahayakan
Catat! Masak Mi Instan Dengan Bumbunya Bisa Menyebabkan Penyakit Berbahaya

Selain itu, beberapa kerupuk diproduksi dengan warna-warna yang mengandung zat pewarna berbahaya yang bersifat karsinogen. Karena sifat karsinogen yang dibawa oleh zat pewarna buatan kerupuk dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

5. Kerusakan Otak

Zat kimia tinggi pada kerupuk juga menyebabkan kerusakan sistem pusat koordinasi dan otak. Karena zat kimia yang masuk ke dalam tubuh bisa mengganggu kinerja otak. Akibatnya, berbagai macam penyakit bahaya lainnya dapat terjangkit dalam tubuhmu.

Video Terkait