Tidak Hanya Makanan, 4 Minuman Ini Sangat Bahaya untuk Kesehatan Hati

Ilustrasi Hati. (Sariagri/Unsplash)

Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Bahaya kesehatan tak pandang bulu mereka bisa menimpa siapa saja, baik yang muda maupun yang sudah berusia tua. Banyak penyebab seseorang dapat terkena penyakit. Seperti contoh saja penyakit hati yang bisa ditimbulkan karena kebiasaan kita meminum minuman yang tidak baik. 

Fungsi hati adalah untuk menyaring dan membersihkan darah. Selain itu, hati juga berfungsi untuk memproduksi dan metabolisme protein, tempat penyimpanan nutrisi, hingga memproduksi empedu.

Mengutip dari laman EatThis, salah satu cara agar kita terhindar dari penyakit hati ialah dengan dengan mengikuti pola makan sehat. Mengonsumsi lemak sehat, membatasi konsumsi gula tambahan, hingga menghindari kebiasaan minum yang tidak sehat merupakan beberapa diantaranya.

Terus apa saja kebiasaan minum tidak sehat yang dimaksud? 

1. Minuman Bersoda

Beberapa brand terkenal minuman bersoda memang sudah mengeluarkan versi diet yang diklaim jauh lebih menyehatkan. Namun, hal ini tidak sepenuhnya baik. Tetap saja, minuman bersoda akan sangat berbahaya untuk kesehatan hati jika diminum terlalu sering.

Kalau kata ahli diet Trista Best, soda dapat mendatangkan malapetaka pada hati seseorang dengan menyebabkan penumpukan lemak yang pada akhirnya menyebabkan penyakit hati jika dibiarkan terus-menerus. Duh, mengerikan ya?

Gula rafinasi dan sirup jagung fruktosa tinggi yang terkandung dalam soda dapat menyebabkan penumpukan lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula rafinasi mungkin memiliki efek yang bisa lebih merusak hati daripada alkohol, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

2. Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak, apalagi jika secara terus menerus bisa mempengaruhi salah satu organ yang sangat vital ini.

Hal ini karena hati adalah organ detoksifikasi alami tubuh. Hati menyaring semua yang masuk ke dalam tubuh, termasuk alkohol. Kandungan alkohol dapat menyebabkan sel-sel hati menjadi rusak dan hancur seiring waktu yang mengakibatkan jaringannya tidak beregenerasi.

3. Kurang Minum Air Putih

Seperti yang diketahui, jika dalam satu hari kita dianjurkan untuk meminum setidaknya 8 gelas perhari untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Selain itu, asupan air putih yang cukup juga baik untuk menjaga kesehatan hati. 

Hal ini terjawab oleh studi populasi yang diterbitkan pada tahun 2021 lalu yang mengatakan bahwa orang dengan asupan air lebih tinggi memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami penyakit hati berlemak.

4. Banyak Konsumsi Minuman Manis

Kalau kamu termasuk pelanggan setia jus kemasan, sebaiknya mulai membatasinya. Kamu mungkin berpikir produk ini sehat, padahal kandungan gula di dalamnya terlalu banyak.

Baca Juga: Tidak Hanya Makanan, 4 Minuman Ini Sangat Bahaya untuk Kesehatan Hati
Catat! Masak Mi Instan Dengan Bumbunya Bisa Menyebabkan Penyakit Berbahaya

Selain itu, kopi kekinian juga perlu kamu waspadai karena biasanya diracik dengan aneka sirup hingga krimer yang berlemak. Ada juga yang disebut penyakit hati non-alkohol (NALD), atau steatohepatitis non-alkohol (NASH), yang bisa terjadi ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman olahan.

Jika kamu terlalu sering mengonsumsi minuman-minuman ini, visceral (lemak yang tersembunyi dalam tubuh) bisa terjadi. Ini juga dapat menyebabkan sirosis dan berpotensi bikin kamu butuh transplantasi hati.

Video Terkait