Asupan Makanan Sehat yang Dianjurkan Ketika Anak Terkena Hepatitis

Ilustrasi anak demam (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Saat ini penyakit hepatitis seakan merajalela. Banyak anak-anak yang terkena virus dengan gejala misterius seperti demam hingga tidak nafsu makan.

Hal ini serupa dengan apa yang disampaikan Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril, yang mengatakan bahwa demam menempati posisi pertama.

"Gejala yang banyak timbul dan dilaporkan para pasien diduga hepatitis misterius adalah demam dengan angka persentase 72,2 persen," ujar dr Syahril dalam keterangan pers virtual.

Selain itu, dr Syahril mengatakan ada beberapa gejala lain yang dilaporkan paling banyak dialami anak-anak, diduga mengalami hepatitis akut misterius di Indonesia, antara lain;

1. Demam (72,2%)
2. Mual (55,6%)
3. Muntah (50%)
4. Hilang nafsu makan (50%)
5. Diare akut (44,45)

Jika sudah begini, penting bagi orangtua untuk memberikan asupan sehat sebagai penunjang agar anak lekas sembuh.

Menurut Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra menjelaskan bagaimana untuk memenuhi asupan gizi sehat untuk anak, yang mengalami gejala-gajala seperti hepatitis akut misterius ini.

Dokter Yohan mengatakan sebenarnya tidak ada makanan spesifik untuk gejala tersebut, namun dia menganjurkan para orangtua untuk menghindari makanan cepat saji dan tetap menjaga kebersihan.

"Usahakan tetap memberikan makanan gizi seimbang dan yang paling penting bersih dan higienis. Hindari pemberian makanan cepat saji atau dibeli dari luar yang diragukan kebersihannya, karena anak sakit rentan terkena secondary infection," tutur dr Yohan.

Dia juga menambahkan, agar para orangtua tetap menjaga kebutuhan cairan tubuh anak-anak. Menurutnya, ketika anak mengalami demam, mual dan muntah sangat rentan mengalami dehidrasi (kekurangan atau kehilangan cairan).

Baca Juga: Asupan Makanan Sehat yang Dianjurkan Ketika Anak Terkena Hepatitis
Ini Waktu Ideal untuk Sarapan Sebelum Beraktivitas

Ketika anak mengalami mual apalagi muntah juga bisa saja anak mudah tersedak ketika diberikan asupan. Dia menyarankan agar orang tua bisa memberikan ONS (Oral Nutrional Supplement).

"Anak-anak yang muntah harus hati-hati dalam pemberian makannya karena berisiko tersedak. Jika perlu dapat diberikan ONS atau oral nutritional supplement, berupa susu khusus tinggi kalori dan tinggi protein," jelasnya

Video Terkait