Intip 5 Gorengan Terenak di Dunia

Ilustrasi Tempura. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Kamis, 19 Mei 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Orang-orang tidak pernah bisa menahan keinginan untuk makan gorengan yang renyah. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa kita telah menikmati adonan yang digoreng dan kelezatan lainnya sejak Mesopotamia kuno menemukan penggorengan.

Butuh perut yang kuat dan banyak waktu untuk mencicipi setiap gorengan yang ada di seluruh dunia. Mengutip CNN, berikut lima gorengan terenak di dunia.

1. Tempura (Jepang)

Tempura sayur dikenal dengan adonan ringannya, dibuat dengan tepung, telur, dan air yang sangat dingin atau bersoda.

Meskipun tempura udang juga populer, tempura sayuran mencakup berbagai macam bahan, termasuk jamur, rumput laut, kacang hijau, labu dan lainnya.

Tempura diperkenalkan ke Jepang melalui misionaris asal Portugal pada abad ke-16 sebagai makanan pilihan tanpa daging selama hari-hari puasa suci.

2. Churros (Spanyol, Portugal dan Amerika Latin)

Awalnya dipopulerkan di Spanyol dan Portugal, stik kue bergerigi ini adalah pilihan favorit untuk sarapan atau camilan di seluruh Amerika Latin.

Cara membuatnya, adonan disalurkan melalui ujung berbentuk bintang ke dalam minyak panas untuk memberikan bentuk khasnya. Churros biasanya ditaburi gula kayu manis dan dicelupkan ke cokelat panas.

3. Mandazi (Afrika Timur)

Seperti banyak gorengan, bantal segitiga yang empuk ini memiliki banyak nama di sepanjang pantai Swahili di Afrika Timur.

Mandazi adalah gorengan yang terbuat dari adonan ragi yang dapat dibuat dari susu atau santan dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti kapulaga atau kacang tanah.

4. Jalebi (India)

Jalebi adalah sepupu dari zulbiya dan zalabiya, yaitu gorengan Timur Tengah yang pertama kali melintasi rute perdagangan di era abad pertengahan.

Adonan disalurkan melalui kain muslin ke dalam minyak, lalu dicelupkan ke dalam sirup gula untuk tekstur yang kenyal-renyah.

Makanan ini sering dimakan bersama makanan ringan lain seperti samosa atau dengan rabdi, susu manis yang lembut.

5. Kentang goreng (Belgia dan Prancis)

Sejarah dan tempat kelahiran kentang goreng telah diperebutkan antara Belgia dan Prancis. Tetapi metode pembuatan kentang goreng telah berubah dari masakan elegan menjadi ikon makanan cepat saji yang dicintai di seluruh dunia.

Baca Juga: Intip 5 Gorengan Terenak di Dunia
Sejarah dan Sederet Fakta 6 Makanan Khas Imlek di Indonesia

Seperti yang diketahui, namanya mengacu pada teknik frenching atau mengiris tipis sayuran (dalam hal ini kentang) agar semua bagian matang secara merata.

Kentang goreng disajikan bersama steak atau burger, dengan saus tomat atau mayones, atau atasnya dengan keju dan saus, kentang goreng cocok dengan apa saja.

Video Terkait