Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Ilustrasi timun suri (Istimewa)

Editor: M Kautsar - Kamis, 19 Mei 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Saat bulan puasa tiba, popularitas blewah dan timun suri menanjak di pasaran. Buah-buahan ini seolah tak pernah absen dari hidangan saat berbuka puasa. Tapi, blewah dan timun suri tak hanya bisa dinikmati saat Ramadhan. Dua buah ini bisa dinikmati di luar bulan Ramadhan karena punya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut ahli nutrisi dari Asosiasi Nutrisi Indonesia, Saptawati Bandowoso mengatakan blewah dan timun suri memiliki kandungan air dan serat.

"Blewah merupakan buah yang memiliki kandungan serat, air dan vitamin A dan vitamin C sehingga bermanfaat utk menyehatkan saluran cerna, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan manfaat utk asupan antioksidan," jelas Saptawati kepada Sariagri, beberapa waktu lalu.

"Demikian juga dengan timun suri yang memiliki kandungan serat dan air. Timun suri mengandung vitamin C, dan mineral kalium, kalsium dan fosfor," lanjutnya.

Baca Juga: Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan
Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Isolasi Mandiri Lawan Corona

Sesuai dengan kandungannya, timun suri jugadapat mencegah dehidrasi dsn melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, buah satu ini juga menjaga kesehatan tulang dan otot.

"Sesuai dengan kandungan nutrisinya maka timun suri dapat mencegah dehidrasi, melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan tulang dan otot, mencegah hipertensi dan penumpukan asam urat dan lain-lain," pungkasnya.

Video Terkait