Kenali Manfaat Cinamons yang Bisa Obati Depresi hingga Saluran Pernapasan

Cinamons miliki khasiat luar biasa. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 18 Mei 2022 | 18:55 WIB

Sariagri - Cinamons atau kayu manis merupakan salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk makanan, essential oil juga pengobatan, karena terdapat banyak manfaat salah satunya dapat mengatasi depresi dan melegakan saluran pernapasan. 

Cinnamomum zeylancium atau kayu manis ini kebanyakan tumbuh di India, Sri Lanka, Madagaskar, Karibia, dan Brasil, sedangkan kayu manis Cina/Cassia atau Cinnamomum aromaticum tumbuh di Cina, Indonesia dan Vietnam.

Pohon kayu manis biasanya dibudidayakan selama 2 tahun sebelum dipanen. Kulit kayu atau duri adalah bagian yang paling banyak digunakan sebagai batang kayu manis atau bubuk dalam makanan dan untuk membuat suplemen. Namun, daun kayu manis juga memberi kita banyak manfaat. 

Daun kayu manis sendiri kaya akan fitonutrien. Minyak atsiri diekstraksi dari daun atau dapat digunakan untuk membuat kapsul. Seringkali seluruh daun digunakan sebagai bahan untuk membuat teh herbal.

Minyak daun kayu manis memiliki aroma pedas, musky dan hangat. Ini memiliki semburat kuning yang berbeda dari minyak esensial merah-coklat yang diekstraksi dari kulit kayu manis.

Minyak daun kayu manis memiliki khasiat antiseptik, analgesik, antispasmodik, antibiotik, astringen, karminatif, afrodisiak, jantung dan lainnya. Dapat digunakan untuk mengobati nyeri umum, infeksi saluran pernapasan, rematik, dan radang sendi.

Perasaan lelah dan depresi dapat diredakan dengan menggunakan minyak esensial ini. Selain itu khusus untuk perempuan cinamons bisa mengurangi rasa nyeri saat haid karena minyak daun kayu manis merangsang sistem kelenjar kita. Minyak kayu manis telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gejala sakit gigi. Bahkan hingga saat ini sering dicampur dalam penyegar nafas, obat kumur, dan permen karet.

Manfaat untuk lambung: Eugenol hadir dalam minyak daun kayu manis mengurangi masalah lambung seperti mual, diare, dan sakit perut. 

Diabetes: Cinnamaldehyde hadir dalam daun kayu manis dan ini dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe-2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Aromaterapi: Minyak esensial daun kayu manis digunakan untuk sifat afrodisiak dalam aromaterapi.

Juga bisa meredakan gejala impotensi dan meningkatkan fungsi seksual baik pada wanita maupun pria. Menghirup minyak kayu manis yang dicampur dengan minyak esensial lainnya dikatakan memiliki efek afrodisiak.

Baca Juga: Kenali Manfaat Cinamons yang Bisa Obati Depresi hingga Saluran Pernapasan
Dilupakan, Ternyata Air Tajin Memiliki Banyak Manfaat

Minyak esensial daun kayu manis digunakan dalam alat penguap dan pembakar dan ini dapat digunakan untuk mengobati kemacetan dada dan bronkitis. Sebagai minyak pijat, dapat dicampur dalam air mandi dan membantu meringankan gejala radang sendi dan rematik, diare, flu, dan infeksi lainnya. 

Minyak kayu manis juga sering dicampur dengan herbal lain seperti cengkeh, kemenyan, benzoin, rosemary, thyme, lavender, jahe, dan lainnya untuk membuat berbagai lotion dan krim obat.

 

Video Terkait