Penderita Penyakit Ini Jangan Coba-Coba Minum Air Rebusan Daun Salam

Ilustrasi Daun Salam. (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Rabu, 18 Mei 2022 | 16:35 WIB

Sariagri - Bagi kamu yang suka masak, daun salam merupakan bumbu untuk penambah rasa dan bisa menjadikan makanan memiliki aroma yang menggugah selera.

Meski diketahui jika daun salam memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Tapi tanaman herbal satu ini juga berisiko menimbulkan efek samping. Bahkan, orang dengan kondisi ini justru dilarang keras minum air rebusan daun salam.

Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Penderita diabetes

Bagi kamu yang menderita diabetes, sebaiknya berhati-hati jika ingin mengkonsumsi air rebusan daun salam. Pada beberapa kasus yang terjadi, Daun salam malah menyebabkan gula darah menjadi tak terkontrol.

Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa konsumsi dua lembar daun salam dan obat diabetes setiap hari dapat menaikkan kadar gula darah serta risiko kolesterol. Antioksidan di dalam daun salam juga dapat mengganggu tubuh dalam memproduksi insulin.

2. Ibu hamil dan menyusui

Untuk kamu yang sedang hamil atau menyusui ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika ingin mengonsumsi daun salam. Beberapa kandungan di dalam daun salam diduga dapat mengganggu produksi ASI.

Namun, sampai saat ini belum ada informasi yang akurat tentang takaran aman penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui.

3. Setelah operasi sesar

Baca Juga: Penderita Penyakit Ini Jangan Coba-Coba Minum Air Rebusan Daun Salam
Catat! Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes



Hati-hati jika ingin mengonsumsi daun salam bila baru saja menjalani pembedahan karena kandungan dalam daun salam dapat memperlama kesembuhan luka.

4. Sebelum operasi

Jika Anda sudah dijadwalkan menjalani proses bedah dalam waktu dekat, hindarilah mengonsumsi daun salam, minimal sejak dua minggu sebelum menjalani operasi.

Daun salam diduga dapat memperlambat kerja sistem saraf dan otak, sehingga berisiko mengganggu efek obat-obatan anestesi saat pembedahan dan setelahnya.

Secara umum, mengonsumsi daun salam sebagai makanan tergolong aman. Anda boleh saja sesekali menambahkan daun salam sebagai pelengkap masakan.

Video Terkait