Hindari 5 Makanan Ini saat Perut Kosong

Salad Quinoa. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Nutrisi yang sehat sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita. Sifat hidup kita yang serba cepat membuat sulit untuk mempelajari kebiasaan makan, terutama ketika menyangkut pilihan yang kita buat saat perut kosong.

Makanan dari menu sarapan biasanya makanan pertama yang dimiliki saat perut kosong. Makanan yang dipilih saat sarapan bukan hanya tentang makan makanan sehat. Tujuannya untuk memahami bagaimana mengoptimalkan makanan yang kita makan untuk memperbaiki pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi utama.

Untuk membantu kamu membuat pilihan yang tepat, berikut lima makanan yang harus kamu hindari saat perut kosong.

1. Jus buah

Banyak dari kita memilih jus buah sebagai menu pokok saat diet. Namun, saat perut kosong, jus buah dapat menambah beban pada pankreas. Gula dalam bentuk fruktosa dalam buah-buahan dapat berdampak negatif pada kesehatan hati.

2. Buah Jambu dan Jeruk

Buah seperti jambu biji dan jeruk dapat meningkatkan produksi asam di usus, meningkatkan risiko gastritis dan tukak lambung. Dosis tinggi serat dan fruktosa dalam buah-buahan tersebut dapat memperlambat sistem pencernaan jika dimakan dalam keadaan perut kosong.

3. Kopi

Sayangnya, ramuan kehidupan ini jika dikonsumsi pada waktu perut kosong dapat menyebabkan keasaman karena merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan gastritis.

4. Yoghurt

Mengonsumsi produk susu fermentasi seperti yoghurt saat perut kosong membuat bakteri asam laktat yang ada di dalam yoghurt menjadi tidak efektif karena kadar asam lambung yang tinggi.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini saat Perut Kosong
Hidup Lebih Sehat, Berikut 4 Cara Mengganti Permen dengan Buah-buahan

Selain itu, karena kadar asam yang tinggi, lambung menghasilkan asam klorida, yang menyebabkan keasaman.

5. Salad

Sayuran mentah yang digunakan untuk salad mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk makan siang. Sayuran mentah penuh dengan serat, yang dapat menambah beban pada perut kosong, menyebabkan perut kembung dan sakit perut.

Tomat, misalnya, mengandung asam tanat, yang jika bersentuhan dengan cairan lambung di perut, dapat menyebabkan iritasi lambung.

Video Terkait