5 Kombinasi Buah yang Baik Diolah Jadi Smoothie dan Jus

Minuman Smoothie. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 16 Mei 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Menikmati segarnya jus dan smoothie adalah cara yang bagus untuk menutup waktu makan siang kamu. Rasanya manis, lezat dan menghilangkan rasa dahaga.

Semua orang menyukai minuman ini karena tidak sekadar enak, tapi memberikan nutrisi yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Formula yang tidak biasa dalam perpaduan buah-buahan ini memuaskan dan meningkatkan asupan vitamin dan mineral.

Mengutip Straits Times, berikut kombinasi buah yang disetujui ahli gizi untuk diolah menjadi smoothie atau jus.

1. Belimbing dan Stroberi

Belimbing kaya akan nutrisi, tetapi berada di paling akhir dalam daftar pilihan jus karena rasanya yang asam. Namun, belimbing memiliki jumlah kalori yang rendah dan dikemas dengan setengah asupan vitamin C harian.

Buah ini juga mengandung vitamin B kompleks, sejumlah besar mineral seperti potasium, yang meniadakan efek asupan natrium yang tinggi.

Padukan belimbing dengan stroberi manis, yang membantu mengimbangi rasa asam belimbing. Stroberi menambahkan senyawa antioksidan dan polifenol ke dalam minuman, membantu meningkatkan sistem kekebalanmu.

2. Alpukat dan Pepaya

Pepaya manis menggantikan gula dan semakin nikmat dicampur dengan alpukat. Sebagai makanan super, alpukat memberikan beragam vitamin, termasuk vitamin K, C, B5, B6 dan E.

Alpukat juga kaya akan potasium dan asam oleat yang menurunkan tekanan darah dan membantu mengatasi stres jantung. Makan alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Sementara pepaya memberikan antioksidan yang baik, likopen. Karotenoid yang ditemukan dalam pepaya membantu melawan radikal bebas. Sehingga meningkatkan warna kulit, kesehatan jantung dan bahkan mencegah kanker.

3. Pare, apel dan lemon

Kamu pernah mendengar bahwa apa pun yang terasa pahit pasti baik untukmu. Memasangkan pare dengan apel dan lemon asam membantu mengubah pahitnya pare.

Ahli nutrisi di The Nutrition Mentor Josephine Ng, mengatakan bahwa minuman ini merangsang hati untuk memproduksi empedu untuk pencernaan lemak.

"Senyawa mirip insulin yang disebut Polypeptide-p juga membantu mengatur gula darah dan dengan demikian membantu mengendalikan diabetes," katanya.

Apel mengandung serat pektin larut, yang membantu mengikat dan membuang limbah beracun dari usus untuk pembersihan detoksifikasi yang baik.

4. Mentimun, kangkung, dan pir

Pir tidak terlalu menonjol dalam daftar buah-buahan yang dibuat menjadi jus. Tetapi kombinasi yang menyegarkan ini harus kamu pesan saat mengunjungi kedai jus.

Serat pektinnya yang tinggi berarti menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Peningkatan serat yang besar juga membuatmu kenyang lebih lama.

Tambahkan kale yang padat nutrisi, sayuran yang juga mengandung semua vitamin esensial dan beberapa senyawa yang dapat melawan kanker seperti sulforaphane. 

Baca Juga: 5 Kombinasi Buah yang Baik Diolah Jadi Smoothie dan Jus
5 Jus Ini Bikin Kulitmu Sehat dan Tampak Glowing

5. Alpukat, seledri, Mentimun dan Lemon

Campur alpukat dengan seledri dan mentimun, yang membantu menambah rasa ringan pada makanan super padat.

Peran seledri di sini adalah untuk mengurangi tekanan darah dan memasok air serta elektrolit untuk mengisi kembali nutrisi yang hilang melalui keringat.

Mentimun melakukan hal yang sama dan menambahkan vitamin A, B, dan C untuk meningkatkan kekebalan. Lemon memperlambat oksidasi dan menambah vitamin C.

Video Terkait