5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan, Meredakan Mual hingga Rendah Lemak

Ilustrasi roti panggang. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 16 Mei 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Roti panggang dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Namun berapa banyak dari kita yang benar-benar tahu apa manfaat roti panggang?

Mungkin sangat sedikit dari kita yang tahu bahwa roti panggang bukan sekadar menu sarapan. Bagaimanapun, yang paling penting adalah ketika memanggang roti, nilai gizi roti akan berubah, mengarah pada beberapa keuntungan besar.


Berikut manfaat roti panggang untuk kesehatan.

1. Aman untuk Penderita Diabetes

Roti panggang dapat memainkan peran penting dalam kehidupan mereka yang menderita diabetes. Memanggang roti menurunkan kandungan lemak dalam roti dan menurunkan indeks glikemik. Kedua hal tersebut memiliki efek yang signifikan pada seseorang dengan diabetes.

2. Kandungan Lemak yang Lebih Rendah

Kita semua tahu bahwa roti mengandung lemak yang merupakan salah satu alasan untuk menambah berat badan. Jika berat badan kamu bertambah dan menderita diabetes, maka itu tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, dengan memanggang roti, kamu bisa menurunkan kadar lemak roti sampai batas tertentu, namun tidak sepenuhnya. Meski tidak berkurang secara signifikan, namun cukup untuk membuat perbedaan jika makan roti setiap hari.

3. Meredakan Diare

Roti panggang sangat cocok untuk mereka yang tengah menderita diare. Roti panggang dapat menambahkan massa tinja. Hal ini membantu menghentikan diare dan menormalkan kondisimu.

Dokter menganjurkan untuk melakukan diet BRAT ketika kamu sedang menderita diare. BRAT adalah singkatan dari: bananas (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Makanan tersebut mengatasi diare secara efektif.

4. Mengatasi Muntah dan Mual

Rasanya menjengkelkan ketika kamu merasa mual hingga muntah. Dalam kondisi seperti ini, paling disarankan untuk makan roti panggang mentega dan susu.

Roti panggang mentega dapat berfungsi sebagai antasida dan dianggap sebagai salah satu perawatan perut terbaik yang dapat dengan mudah tersedia dan disiapkan. Perhatikan makan ini tidak boleh dikonsumsi jika kamu menderita flu perut karena produk berbasis susu tidak efektif ketika kamu menderita flu.

5. Memberikan Energi

Roti bakar mengandung pati dengan indeks glikemik rendah. Pati adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan energi.

Baca Juga: 5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan, Meredakan Mual hingga Rendah Lemak
Harga Gandum Melonjak, Mesir Tetapkan Harga Jual Roti Tidak Bersubsidi

Itulah alasan mengapa banyak orang memakan roti panggang sebagai bagian dari sarapan agar tetap energik sepanjang hari. Ketika diare atau sembelit, orang-orang akan kehilangan energi.

Karena kehilangan energi tubuh secara terus menerus, mereka menjadi lemah, sehingga perlu mempertahankan tingkat energi yang tepat. Roti panggang adalah pilihan tepat untuk menjadi sumber energi.

Video Terkait