Lebih Baik Mana, Serat Gandum Utuh atau Serat Sayuran? Ini Kata Ahli

Ilustrasi roti gandum. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 16 Mei 2022 | 12:20 WIB

Sariagri - Serat sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, kita perlu memenuhi kebutuhan serat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Tapi perlu untuk kamu ketahui, jika ada beberapa jenis sumber serat yang jauh lebih baik untuk kesehatan jantung. Misalnya, serat roti gandum yang ternyata lebih baik ketimbang buah-buahan dan sayuran.

Hal ini berhasil dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan 31 Maret di JAMA Network Open. Sejumlah peneliti dari berbagai universitas, termasuk Harvard Chan School of Public Health dan Columbia University, memperhatikan data dari 4.125 orang dewasa berusia 65 tahun ke atas selama sekitar 25 tahun masa tindak lanjut.

Dalam hal ini para peneliti membandingkan asupan serat yang dihitung dari survei makanan dengan penanda peradangan dalam darah dan tingkat kasus penyakit jantung pada peserta dari waktu ke waktu.

Dari data tersebut ditemukan hasil satu jenis spesifik terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan peradangan. Serat makanan yang dimaksud adalah gandum utuh seperti roti hitam, sereal berserat tinggi seperti oatmeal.

Sebaliknya, serat dari buah dan sayuran seperti apel, jeruk, pisang, kacang-kacangan, brokoli, dan kacang polong justru tidak secara konsisten dikaitkan dengan peradangan yang lebih rendah.

"Perbedaannya mengejutkan, serat secara umum dianggap berperan dalam mengurangi peradangan tetapi data penelitian kami menunjukkan bahwa serat buah dan sayuran mungkin memiliki peran yang lebih kecil dalam tingkat peradangan dibandingkan dengan serat sereal," kata Rupak Shivakoti, penulis utama studi dan asisten profesor epidemiologi di Columbia Mailman School of Public Health.

Namun, bukan berarti serat dan sayur tidak kalah pentingnya untuk kesehatan. Malahan dari penelitian ini mendapati jika serat sayur dan biji-bijian penting untuk pencernaan dan metabolisme. Selain itu, serat-serat tersebut dapat membuat memperpanjang umur seseorang. 

Berdasarkan penelitian, serat gandum utuh mempunyai manfaat unik untuk kesehatan jantung dan mengurangi peradangan ketimbang serat yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Lebih Baik Mana, Serat Gandum Utuh atau Serat Sayuran? Ini Kata Ahli
Kurangi Gejala Menopause dengan Diet Mediterania

Tidak hanya untuk jantung dan pencernaan, Nutrisi lain dalam gandum utuh selain serat bisa membantu menjelaskan manfaatnya, termasuk protein, vitamin B, lemak sehat, dan mineral.

Sayangnya, penelitian ini terbatas karena bersifat observasional. Dengan kata lain, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat bagaimana serat gandum dapat memberikan manfaat dan untuk siapa.

Video Terkait