Negara Ini Larang Ekspor Gandum untuk Keamanan Pangan Dalam Negeri

Tanaman gandum. (Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 16 Mei 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Pemerintah India resmi melarang ekspor gandum. Langkah ini diambil untuk mengendalikan kenaikan harga komoditas itu di dalam negeri.

Dilansir Xinhua, pengumuman larangan ekspor itu dikeluarkan Kementerian Perdagangan Federal dan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri India akhir pekan lalu.

Pemerintah India menyatakan larangan ekspor diambil untuk mengelola keamanan pangan India secara keseluruhan dan untuk mendukung kebutuhan negara tetangga dan negara miskin yang rentan akibat dinamika harga di pasar global.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, pasar global mengandalkan ekspor gandum dari India karena terhambatnya pasokan dari wilayah Laut Hitam sehingga menyebabkan lonjakan harga untuk komoditas pangan itu.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah India berada di bawah tekanan untuk mengendalikan lonjakan inflasi hingga 7,79 persen pada April 2022.

Baca Juga: Negara Ini Larang Ekspor Gandum untuk Keamanan Pangan Dalam Negeri
Dua Faktor Ini Penyebab Ketidakpastian Panen Gandum di Cina



Down To Earth melaporkan, keputusan larangan ekspor itu seiring penurunan stok gandum pemerintah. Selain karena petani menjual gandum ke swasta dengan harga lebih tinggi, juga karena penurunan hasil panen akibat gelombang panas di India, terutama di negara bagian penghasil gandum seperti Punjab, Haryana dan Uttar Pradesh.

Pemerintah India telah membeli 16 juta ton gandum petani hingga 2 Mei 2022. Penyerapan itu 30 persen lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai 23 juta ton pada 27 April 2021.

 

Video Terkait