5 Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Mual

Ilustrasi Air Jahe. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 15 Mei 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Jahe adalah bagian penting dari berbagai masakan tradisional, baik di Indonesia, India atau Cina. Jahe telah menyebar ke seluruh dunia sebagai bumbu untuk makanan manis dan gurih.

Tidak hanya dibuat sebagai bagian dari masakan, banyak orang mengolah jahe menjadi minuman seperti air jahe atau teh jahe. Air jahe juga sering dimasukkan dalam pengobatan tradisional untuk kondisi seperti kembung dan sakit perut.

Berikut manfaat kesehatan lainnya dari air jahe, melansir WebMD.

1. Meredakan Mual

Jahe digunakan sebagai obat untuk meredakan mual dan gangguan pencernaan selama berabad-abad. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa air jahe adalah salah satu obat tradisional yang benar-benar meredakan mual.

Sebuah tinjauan penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi antara satu dan dua gram jahe dapat membantu mengurangi gejala mual. Sementara penelitian masih dilakukan pada jenis masalah perut lainnya, air jahe kemungkinan merupakan cara yang aman dan efektif untuk merasa lebih baik setelah sakit perut.

2. Mengurangi Peradangan

Ada sejumlah penyebab peradangan, termasuk reaksi alergi ringan dan aktivitas serius. Studi awal tentang jahe telah menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan dari kedua penyebab ini.

Satu penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala alergi, meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Percobaan kecil lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah olahraga berat.

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi terkait dengan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke, terutama kolesterol LDL. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan jahe ke dalam makanan dapat membantu mengurangi tidak hanya kolesterol LDL tetapi juga kolesterol total dan trigliserida.

Artinya, juga jahe dapat membantu kamu menurunkan risiko masalah jantung dan masalah kesehatan terkait kolesterol lainnya.

4. Menurunkan Berat Badan

Air jahe dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan bila dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga. Satu studi menunjukkan bahwa jahe menekan obesitas pada tikus dengan diet tinggi lemak.

Penelitian lain menemukan bahwa pria yang minum minuman jahe panas setelah makan merasa lebih kenyang lebih lama. Gula darah yang seimbang juga bisa mencegah kamu makan berlebihan.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Mual
5 Menu Olahan Jahe yang Menghangatkan dan Menyehatkan

5. Hidrasi

Manfaat ini sebagian besar karena kamu memasukkan jahe ke dalam air. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek kesehatan.

Banyak dari kita tidak minum cukup air setiap hari. Memulai hari dengan segelas air jahe atau mencari waktu lain untuk meminum air jahe setiap hari, akan membantu kamu terhidrasi.

Video Terkait