Bahaya Terparah Dari Mengonsumsi Cabai Terlalu Sering

Ilustrasi - Cabai merah. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Minggu, 15 Mei 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Tidak sedikit orang yang tidak bisa merasakan makanan tanpa kehadiran cabai. Bahkan, cabai sudah menjadi salah satu bahan makanan yang selalu ada disimpan di dapur.

Hal itu karena diyakini jika mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan selera makan. Nah, rasa pedas yang bisa kita rasakan, biasanya didapat dari cabai.

Bahan makanan yang satu ini memang dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Eatthis, cabai dianggap menjadi bahan makanan yang bisa meringankan rasa sakit pada tubuh.

Ini karena adanya proses pelepasan hormone endorphin yang dirangsang oleh cabai. Kondisi ini berpengaruh juga menjadi pereda alami pada rasa sakit.

Saat mengonsumsi cabai, kita memang merasakan sensasi panas yang kemudian membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

Namun, ada yang perlu kamu ketahui, jika ingin memakan cabai kamu tidak boleh sembarangan. Dampak terparahnya, mengonsumsi cabai terlalu banyak dapat menurunkan daya ingat.

Berdasarkan dari hasil studi di University of South Australia (UniSA) mempelajari hubungan rasa pedas cabai terhadap daya ingat seseorang.

Hasilnya, para peneliti tersebut dikejutkan dengan hasil yang menunjukkan bahwa memakan cabai terlalu banyak mampu menurunkan kualitas memori besar.

Parahnya lagi, orang lanjut usia yang waktu mudanya gemar makan pedas memiliki risiko dalam hal fungsi otak yang termasuk dalam kerusakan ingatan hampir dua kali lipat lebih buruk.

Namun, kamu tak perlu khawatir, asupan cabai yang memberikan pengaruh ini hanya didapat pada cabai segar dan kering, namun tidak pada capsaicin atau lada hitam.

Baca Juga: Bahaya Terparah Dari Mengonsumsi Cabai Terlalu Sering
Wahai Pencinta Pedas, Begini Cara Bedakan Bubuk Cabai Asli atau Palsu

Capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri karena khasiatnya sebagai anti nyeri. Selain untuk mengurangi nyeri, capsaicin juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan.

Kandungan yang ada dalam capsaicin diyakini mampu mempercepat metabolisme, kehilangan lemak, dan menghambat gangguan pembuluh darah. Oleh sebab itu, kamu harus ingat, tidak boleh mengonsumsi cabai secara sembarangan, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Video Terkait