4 Cara Makan Cokelat Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Ilustrasi coklat. (Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Berhenti mengonsumsi cokelat bisa menjadi hal yang sulit terutama bagi orang pencinta cokelat. Semakin sulit jika kamu tengah melakukan program diet untuk gaya hidup yang lebih sehat.

Pada saat yang sama, pencinta cokelat harus menahan godaan makan berlebihan untuk mencegah kenaikan berat badan. Ahli gizi dan pendiri Diet Podium, Shikha Mahajan, menyarankan beberapa cara sederhana dan mudah untuk menikmati cokelat tanpa melepaskan kenikmatannya.

Mengutip berbagai sumber, berikut cara makan cokelat tanpa rasa khawatir mengalami kenaikan berat badan.

1. Makan Sepotong Kecil

Kamu dapat menurunkan berat badan bahkan jika makan sepotong kecil cokelat setiap hari. Bagian penting adalah mengonsumsinya hanya sepotong per hari.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan terkontrol kalori, kamu dapat menikmati sedikit makanan manis tanpa mengurangi semua kerja keras kamu untuk berdiet.

2. Pilih Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah cokelat terbaik untuk dimakan jika kamu tengah mencoba menurunkan berat badan. Cokelat hitam setidaknya terdapat 70 persen kakao. Hal tersebut akan membuat kamu merasa puas sekaligus mempercepat metabolisme dan mengurangi kenaikan insulin.

Semua hal ini, pada gilirannya, dapat membantu menurunkan berat badan. Cokelat hitam tidak hanya lebih sehat, tetapi juga memiliki komponen rasa yang lebih kompleks, membuat merasa lebih puas daripada cokelat susu biasa yang mengandung banyak gula.

3. Campur dengan Makanan Lain

Tambahkan sejumput cokelat bubuk ke sarapan kamu atau beberapa keping cokelat ke yoghurt di sore hari. Bahkan sedikit cokelat bubuk pada cappuccino sudah cukup untuk memuaskan rasa ingin mengemil.

Baca Juga: 4 Cara Makan Cokelat Tanpa Khawatir Berat Badan Naik
Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Pemicu Sakit Kepala

Dengan menggabungkan kebaikan kakao dengan bahan-bahan yang tidak diproses seperti kacang mete, almond, biji wijen dan buah beri, kamu juga bisa mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan ini.

4. Mencoba Alternatif Cokelat

Cokelat mengandung banyak gula dan lemak. Siapkan beberapa makanan yang setara dengan cokelat dan rendah kalori seperti mousses cokelat rendah lemak, permen cokelat rendah kalori, dan minuman cokelat panas.

Video Terkait