5 Bahan Pengganti Daun Jeruk, Bikin Wangi Masakan

Daun jeruk. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Jumat, 13 Mei 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Daun jeruk merupakan salah satu bumbu dapur yang penting untuk banyak masakan Asia. Daun jeruk memiliki rasa yang sangat kuat. Bagi sebagian orang, rasa serta aromanya mungkin menyegarkan.

Jika kamu merasa aromanya terlalu kuat atau kamu lupa membeli stok daun jeruk, tidak usah khawatir. Terdapat bahan-bahan masakan yang dapat menggantikan daun jeruk.

Mengutip Greedy Gourmet, berikut bahan pengganti daun jeruk

1. Daun Salam

Daun salam adalah salah satu pengganti daun jeruk terbaik. Keduanya sama pedasnya dan sering digunakan dalam masakan gurih.

Namun, jangan berharap terlalu banyak aroma jeruk, karena rasanya sangat berbeda! Daun salam lebih banyak bunga daripada jeruk. Daun salam paling baik bila dikombinasikan dengan kulit jeruk nipis.

2. Kulit Jeruk Nipis

Kulit jeruk nipis juga cukup mirip dan layak menjadi pengganti daun jeruk. Jeruk nipis memiliki rasa yang sangat khas dan kulitnya juga sangat umum dalam masakan Asia.

3. Air Jeruk Nipis

Ini hanya berlaku sebagai pengganti daun jeruk jika kamu membuat pasta kari atau masakan berkuah khas daerah seperti soto. Air jeruk nipis bisa saja memberikan rasa terbaik atau justru menghancurkan rasa suatu hidangan.

4. Kulit Lemon

Kulit lemon juga cocok sebagai pengganti daun jeruk. Namun, kulit jeruk nipis akan menjadi pengganti yang lebih disukai dalam masakan Asia. Dalam kedua kasus, kamu dapat menggunakan kulit lemon sebagai gantinya untuk membumbui hidangan.

Baca Juga: 5 Bahan Pengganti Daun Jeruk, Bikin Wangi Masakan
Catat! Ini 10 Jenis Jeruk yang Ada dan Sering Dikonsumsi di Indonesia

5. Serai

Meskipun rasanya tidak seperti jeruk nipis atau daun jeruk, namun serai memberikan sensasi yang benar-benar membuat masakan semakin enak.

Tambahan serai memberikan sensasi rasa lemon yang intens, tetapi juga dengan sedikit rasa jahe. Batang serai bisa digunakan utuh, dicincang, atau ditumbuk.

Video Terkait