Selain Susu, 5 Makanan Ini adalah Sumber Kalsium

Ilustrasi - Keju mentah. (Piqsels)

Editor: Putri - Kamis, 12 Mei 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Kalsium tidak hanya mineral yang paling melimpah di dalam tubuh tetapi juga sangat penting untuk kesehatan. Faktanya, kalsium menguatkan sebagian besar tulang dan gigi. Selain itu berperan dalam kesehatan jantung, fungsi otot, dan sinyal saraf.

Bagi kebanyakan orang dewasa, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari, meskipun kelompok tertentu membutuhkan jumlah yang lebih tinggi. Mereka adalah remaja, wanita pascamenopause, dan orang dewasa yang lebih tua.

Kita sering diberi tahu bahwa susu adalah sumber kalsium. Namun tahukah kamu ada makanan lain yang mengandung kalsium?

Mengutip Healthline, berikut sumber kalsium selain susu.

1. Keju

Kebanyakan keju adalah sumber kalsium yang sangat baik. Keju parmesan memiliki paling banyak kalsium, dengan 242 mg. Keju yang lebih lembut cenderung memiliki lebih sedikit kalsium.

Sebagai bonus, tubuh kamu menyerap kalsium dalam produk susu lebih mudah daripada yang berasal dari sumber nabati. Keju juga memberikan protein.

2. Yoghurt

Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik. Banyak jenis yoghurt juga kaya akan probiotik, sejenis bakteri menguntungkan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Greek yoghurt adalah pilihan yang bagus untuk sumber protein ekstra dalam makanan. Namun yoghurt ini memberikan lebih sedikit kalsium daripada yogurt biasa.

3. Sarden dan Salmon Kaleng

Sarden dan salmon kalengan sarat dengan kalsium, berkat tulangnya yang bisa dimakan. Ikan berminyak ini juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang dapat mendukung kesehatan jantung, otak, dan kulit.

Sementara makanan laut mungkin mengandung merkuri, ikan yang lebih kecil seperti sarden memiliki kadar merkuri yang rendah. Selain itu, baik sarden maupun salmon memiliki tingkat selenium yang tinggi, mineral yang dapat mencegah dan membalikkan toksisitas merkuri.

Baca Juga: Selain Susu, 5 Makanan Ini adalah Sumber Kalsium
Optimalisasi Manfaat Susu Unta Terus Dilakukan

4. Almond

Dari semua kacang-kacangan, almond termasuk yang tinggi kalsium. Almond juga menyediakan 3,5 gram serat per ons, serta lemak dan protein sehat. Selain itu, almond adalah sumber magnesium, mangan, dan vitamin E yang sangat baik.

5. Edamame dan Tahu

Kacang edamame adalah kedelai muda, sering dijual saat masih terbungkus dengan kulitnya. Edamame juga merupakan sumber protein yang baik dan memberikan semua kebutuhan folat harian dalam satu porsi. Tahu siap konsumsi juga memiliki kalsium yang sangat tinggi.

Video Terkait