Mengenal Sulguni, Keju Lezat yang Jarang Diketahui Orang

Ilustrasi keju suluguni. (istimewa)

Editor: Dera - Kamis, 12 Mei 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Keju lezat ini awalnya dibuat di wilayah Samegrelo di Georgia. Sulguni terlihat sangat mirip dengan keju mozzarella dan dapat dibuat dari susu sapi, kerbau, kambing atau bahkan domba. Bisa juga dibuat dengan campuran semua jenis susu tersebut.

Melansir India Times, untuk membuat keju ini, produsen menambahkan starter bakteri dan whey yang memiliki efek positif pada tubuh. Keju yang lembut dan asin ini bisa dinikmati apa adanya atau dimasak dalam bentuk snack/appetizer.

Karakteristik keju sulguni

Keju ini biasanya berbentuk cakram datar dan berwarna putih hingga kuning pucat dengan tekstur berlesung pipit.

Sulguni memiliki ketebalan rata-rata sekitar 2,5-3,5 cm. Rasanya sedikit asin dan memiliki rasa asam yang ringan. Meskipun memiliki bau ketika mentah, kebanyakan sulguni dijual sebagai gorengan yang meningkatkan rasanya.

Dalam 100 gram keju sulguni mengandung 24 gram lemak, 24 gram protein, 2 gram karbohidrat dan memiliki sekitar 295 kalori di dalamnya. Untuk mengonsumsi keju ini lebih baik dalam jumlah sedang karena memiliki banyak lemak di dalamnya.

Adapun salah satu manfaatnya adalah memiliki efek positif pada jaringan tulang dan pembentukan kulit, yang selanjutnya membantu mengurangi risiko penyakit seperti serangan jantung.

Asam amino yang ada dalam keju ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menormalkan metabolisme hormonal dan meningkatkan produksi hemoglobin. Keju ini juga dikenal dapat menormalkan produksi kolesterol karena memiliki niasin dalam sifat-sifatnya.

Ada juga konsentrasi vitamin A yang tinggi dalam makanan ini, sehingga seseorang dapat memperoleh banyak manfaat hanya dengan memasukkan keju ke dalam makanan mereka. 

Baca Juga: Mengenal Sulguni, Keju Lezat yang Jarang Diketahui Orang
Berani Mencoba? Casu Marzu, Keju Belatung yang Dianggap Seperti Narkoba



Keju ini juga populer digunakan dalam masakan Rusia. Namun penggunaan yang paling umum adalah menggoreng potongan keju ini untuk dinikmati sebagai hidangan pembuka.

Sulguni juga bisa dinikmati dengan dipanggang dengan beberapa sayuran di sampingnya, serta dapat dinikmati dalam salad sayuran Rusia dan potongan goreng di dalamnya.

 

Video Terkait