5 Makanan Ini Dapat Memperlancar Aliran Darah

Pekerja memilah salmon, dibawa dari peternakan ikan di Laut Barents, di sebuah pabrik pengolahan di pelabuhan Arktik Murmansk, Rusia, 3 Agustus 2017. (ANTARA/Reuters)

Editor: Putri - Kamis, 12 Mei 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Peredaran darah yang buruk adalah masalah umum yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Penyakit arteri perifer (PAD), diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya adalah beberapa dari banyak penyebab peredaran darah yang buruk.

Aliran darah yang berkurang dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti nyeri, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, dan dingin di tangan atau kaki.

Selain mereka dengan peredaran darah yang buruk, atlet dan individu yang aktif mungkin ingin meningkatkan aliran darah untuk meningkatkan kinerja latihan dan pemulihan.

Mengutip Healthline, berikut makanan yang baik untuk memperlancar peredaran darah.

1. Buah Delima

Delima adalah buah manis dan berair yang sangat tinggi antioksidan polifenol dan nitrat, yang merupakan vasodilator kuat.

Mengonsumsi buah delima, baik sebagai jus, buah atau suplemen, dapat meningkatkan peredaran darah dan oksigenasi jaringan otot. Dengan demikian seseorang dapat berkegiatan dengan aktif.

Sebuah penelitian pada 19 orang menemukan bahwa mengonsumsi 1.000 mg ekstrak buah delima 30 menit sebelum berolahraga meningkatkan peredaran darah, diameter pembuluh darah, dan kinerja olahraga.

Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi harian 17 ons (500 ml) jus delima selama atau sebelum latihan beban mengurangi rasa sakit, kerusakan otot, dan peradangan pada atlet angkat besi elit.

2. Bawang Merah

Bawang merah adalah sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bawang merah dapat meningkatkan peredaran darah dengan membantu arteri dan vena melebar saat aliran darah meningkat.

Dalam penelitian 30 hari pada 23 pria, mengonsumsi 4,3 gram ekstrak bawang merah setiap hari secara signifikan meningkatkan peredaran darah dan pelebaran arteri setelah makan.

Selain itu, bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan arteri.

3. Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu penghangat yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan peredaran darah.

Dalam penelitian pada hewan, kayu manis meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah di arteri koroner. Kayu manis dapat secara efektif mengurangi tekanan darah pada manusia dengan merelaksasi pembuluh darah. Ini meningkatkan sirkulasi dan menjaga kesehatan jantung.

4. Bawang Putih

Bawang putih terkenal karena dampaknya yang menguntungkan pada sirkulasi dan kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan aliran darah jaringan dan menurunkan tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian pada 42 orang dengan penyakit arteri koroner, mereka yang mengonsumsi tablet bubuk bawang putih yang mengandung 1.200 mg allicin dua kali sehari selama tiga bulan mengalami peningkatan 50 persen aliran darah melalui arteri lengan atas dibandingkan dengan kelompok plasebo.

5. Ikan

Ikan seperti salmon dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Lemak ini sangat bermanfaat untuk sirkulasi karena meningkatkan pelepasan oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan peredaran darah.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dapat Memperlancar Aliran Darah
5 Makanan Ini Baik untuk Meredakan Demam

Lemak omega-3 juga membantu menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, suatu proses yang dapat menyebabkan pembentukan bekuan darah.

Terlebih lagi, suplemen minyak ikan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah tinggi dan peningkatan aliran darah di otot rangka selama dan setelah berolahraga.

Video Terkait