Wajib Tahu! Begini Cara Membedakan Bakso Daging Tikus, Babi, dan Campuran

Ilustrasi makanan bakso (Pixabay).

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 11 Mei 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Bakso adalah makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Rasanya lezat dan teksturnya kenyal, membuatnya banyak dicari sehari-hari.

Apalagi untuk mendapatkannya makanan ini sangat mudah ditemukan, baik di pinggiran jalan maupun resto besar. Umumnya, bakso dibuat berasal dari daging sapi.

Namun sayang, tidak hanya daging sapi saja sebab kini ada banyak jenis bakso yang beredar, mulai dari bakso yang berasal daging tikus, babi, sapi bahkan campuran boraks dengan bakso daging sapi yang jarang diketahui oleh orang yang tidak mengetahuinya.

Jenis bakso ini dilakukan oleh tangan-tangan kotor yang mencoba berbagai cara demi meraih keuntungan.

Oleh karena itu kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih bakso yang ingin dibeli, dengan mengenali ciri-ciri di antara keduanya.

Lantas bagaimana ciri-cirinya?

Penting untuk diketahui bahwa bakso daging babi memiliki warna yang lebih terang, seperti keabu-abuan, karena babi tergolong dalam jenis white meat.

Sementara, untuk bakso daging sapi sendiri cenderung memiliki warna daging yang lebih pekat atau tua karena termasuk red meat.

Bahkan ada pedagang bakso yang memakai daging babi hutan lantaran jauh lebih murah ketimbang daging babi ternak. Terlebih lagi warna daging babi hutan juga cenderung pekat menyerupai warna daging sapi.

Tidak sampai disitu saja, seperti yang telah disebutkan diatas ada juga pedagang nakal yang mencampurkan bakso daging sapi dengan campuran daging babi.

Hal ini bisa dilihat dari serat atau ketebalan daging maupun warna dari daging tersebut. Daging babi sendiri memiliki kadar lemak yang tinggi, meskipun lemaknya sudah dipisahkan.

Alhasil, bakso yang sudah matang ketika dipegang akan sangat berminyak walaupun dicampur dengan daging sapi dengan komposisi lebih sedikit.

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Membedakan Bakso Daging Tikus, Babi, dan Campuran
Biofermentasi Tepung Daun Dadap, Solusi Alternatif Pakan Babi

Sementara untuk membedakan bakso daging sapi dengan tikus dari segi tekstur adalah bakso yang berbahan daging tikus memiliki tekstur yang jauh lebih keras.

Hal ini bisa dicoba saat di tusuk menggunakan garpu atau dibelah menjadi dua, maka bakso tidak mudah terbelah.

Selain itu ciri-ciri lainnya yaitu bakso yang berbahan daging tikus memiliki aroma yang sangat amis.

Sehingga saat bakso tersebut sedang direbus maka aroma amis ini akan menyengat cukup tajam ke hidung.

Namun orang suka tidak menyadarinya, sebab rasa bakso dengan bahan daging tikus memiliki rasa yang lebih gurih.

Demikian informasi mengenai cara membedakan bakso daging tikus, babi, sapi bahkan campuran boraks dengan bakso daging sapi.

Semoga bisa membantu Sobat Agri agar lebih berhati-hati sebelum membeli bakso.

Video Terkait