Rutin Minum Satu Sendok Minyak Zaitun Ternyata Bisa Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi satu sendok minyak zaitun (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 11 Mei 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Ada banyak jenis minyak yang sering digunakan masyarakat sehari-hari. Sebut saja diantaranya adalah minyak sawit, minyak kelapa, minyak canola dan yang tak kalah populer adalah minyak zaitun.

Sesuai dengan namanya, minyak ini terbuat dari ekstrak buah zaitun. Dalam pembuatannya, minyak ini memiliki tiga varian yang berbeda, yaitu extra virgin, virgin dan refined.

Minyak zaitun dianggap minyak paling sehat. Ia diketahui kaya akan omega 6 dan juga asam lemak omega 3, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Alasan inilah yang membuat minyak ini sangat direkomendasikan untuk proses memasak.

Dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam masakan, akan menambah rasa dan juga memberikan manfaat bagi tubuh.

Namun selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga bisa digunakan dengan cara dikonsumsi langsung. Menurut penelitian, jika rutin minum satu sendok minyak zaitun setiap hari, maka bisa mencegah dan menyembuhkan beragam penyakit.

Dilansir dari laman Healthline, berikut adalah sederet manfaat yang dirasakan oleh tubuh jika mengonsumsi satu sendok minyak zaitun per hari.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Perlu diketahui bahwa minyak zaitun sama efektinya dengan minyak mineral yang dapat melunakan kotoran. Dalam hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Berdasarkan sebuah studi, orang yang umurnya di atas 50 tahun dapat buang air besar dengan lancar mencapai lebih dari 3 kali karena asupan minyak zaitun yang tinggi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Minyak zaitun merupakan sumber pengganti lemak sehat yang berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Dengan begitu maka mengonsumsi satu sendok minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan.

3. Menstabilkan gula darah

Hasil sebuah penelitian menunjukkan, bahwa dengan mengonsumsi satu sendok minyak zaitun terjadi penurunan 22% pada gula darah. Namun penelitian ini dilakukan 2 jam setelah makan.

Jika kadar gula darah terkontrol dengan baik, maka bisa mencegah kita terkena berbagai macam penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Selain itu, kandungan lemak sehat dari minyak zaitun juga mengandung senyawa anti inflamasi. Oleh karena itu dengan mengonsumsinya secara teratur maka dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, tulang dan pencernaan.

Baca Juga: Rutin Minum Satu Sendok Minyak Zaitun Ternyata Bisa Cegah Penyakit Jantung
Studi Menunjukkan Minyak Zaitun Bisa Bantu Panjang Umur

Namun perlu diingat bahwa kamu tidak disarankan berlebihan dalam mengonsumsinya, sebab justru bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Pasalnya kandungan kalori dalam minyak zaitun cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan obesitas.

Video Terkait