Intip 5 Resep Infused Water yang Menyegarkan Tubuh

Ilustrasi infused water. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 12 Mei 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Infused water populer di tengah masyarakat. Minuman yang mengandung rempah-rempah dan buah-buahan tersebut dinilai dapat meningkatkan nilai gizi pada air.

Melansir The List, penelitian menunjukkan ketika orang dewasa minum delapan gelas air per hari atau dua liter asupan airnya menambah delapan hingga 16 persen dari nilai harian mereka untuk kalsium dan enam hingga 31 persen untuk magnesium.

Penelitian juga menunjukkan lebih dari separuh orang dewasa Amerika tidak minum segelas air yang direkomendasikan karena mereka tidak merekamnya, lupa bahkan terlalu sibuk. Maka dari itu, menambahkan air putih dengan rempah dan buah dapat mengurangi rasa bosan dan memberi nutrisi tambahan seperti vitamin dan antioksidan.

Banyak orang yang berpikir minum air dingin mengganggu sistem pencernaan, faktanya minum air pada suhu berapapun memiliki banyak manfaat kesehatan.

Menurut Prairie View A&M University (PVAMU), manfaat infused water dapat membantu mengendalikan nafsu makan, menjaga gula darah tetap teratur, mencegah mulas, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatur berat badan.

Manfaat infused water juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menyegarkan napas. Manfaat infused water seperti lemon infused water bahkan sangat baik untuk tekstur dan kulit.

Berikut ini resep infused water yang patut dicoba:

1. Mentimun dan Daun Mint

Resep infused water yang pertama yaitu dengan mentimun dan daun mint. Menurut Five Heart Home, menambahkan irisan mentimun dan daun mint ke dalam air putih bisa menjadi minuman sangat menyegarkan.

Siapkan mentimun sedang atau kecil, cuci bersih dan memotongnya menjadi irisan tipis. Kemudian, cuci dan rebus dua tangkai daun mint segar dan tambahkan ke dalam teko berisi 10 gelas air. Ramuan ini bisa bertahan lebih dari sehari.

Manfaat mentimun yaitu kaya antioksidan seperti vitamin A dan K, fosfor, kalsium, magnesium dan potasium. Daun mint juga merupakan pilihan yang sehat karena mengandung vitamin A, zat besi, mangan dan folat. Daun mint bermanfaat untuk memperbaiki sindrom iritasi usus besar, meredakan gangguan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

2. Jeruk Bali dan Rosemary

Resep infused water yang satu ini memang kurang populer. Namun menambahkan potongan jeruk bali dan daun rosemary ke dalam air dapat menyegarkan untuk meremajakan pikiran.

Siapkan setengah jeruk bali yang belum dikupas untuk dipotong-potong dan tiga hingga empat tangkai rosemary. Kemudian siapkan 10 hingga 12 gelas air. Bisa juga menambahkannya dengan es batu.

Menurut WebMD, jeruk bali kaya nutrisi pelindung seperti vitamin C, A, kalsium dan zat besi. Jeruk bali membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, mengatur kadar gula darah dan mencegah batu ginjal.

Rosemary telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ratusan tahun, mengandug mangan, asam karnosat, fitokimia riboflavin, niasin dan thiamin. Nutrisi tersebut membantu meringankan masalah gastronomi, mengurangi stres dan kecemasan, mengurangi peradangan dan bekerja sebagai ekspektoran untuk mengobati masalah pernapasan.

3. Semangka dan Kemangi

Resep infused water berikutnya adalah menambahkan potongan semangka dan daun kemangi. Potonglah semangka dalam bentuk kotak dan tanpa biji, lalu siapkan enam daun kemangi ke dalam teko yang bisa untuk 10 gelas.

Semangka mengandung vitamin A, C, potasium dan magnesium. Buah ini juga tinggi air dan dapat menyegarkan. Semangka baik untuk kesehatan jantung, membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan, baik untuk mata dan meredakan nyeri otot.

Daun kemangi juga mengandung mangan, vitamin K, zat besi, folat dan asam lemak omega-3. Daun kemangi kaya dua flavonoid yang disebut orientin dan vicenin untuk melindungi struktur sel serta kromosom dari radiasi dan kerusakan berbasis oksigen.

4. Jeruk, jahe dan blackberry

Resep infused water juga bisa dengan menambahkan jeruk, jahe dan blacberry. Siapkan blackberry, satu potong jahe yang dikupas dan diiris serta satu jeruk yang dipotong tipis. Minuman satu ini bisa dikonsumsi pagi, sore atau setelah berolahraga.

Baca Juga: Intip 5 Resep Infused Water yang Menyegarkan Tubuh
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

Manfaat kesehatan dari bahan-bahannya, jahe mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin B3 dan B6, kalium, fosfor, seng, dan zat besi. Menurut Everyday Health, mengonsumsi jahe dapat membantu melawan mual, membantu menenangkan sakit perut, meredakan kram menstruasi, dan membantu mencegah flu biasa.

Demikian juga, jeruk kaya akan vitamin C, vitamin A, dan potasium. Blackberry kaya akan vitamin K, vitamin C, mangan, dan serat. 

Video Terkait