Katanya Bisa Bikin Awet, Ternyata Menyimpan Roti di Kulkas Salah Besar!

Ilustrasi roti tawar. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Selasa, 10 Mei 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Kulkas memang mempunyai manfaat dalam penyimpanan bahan makanan seperti sayuran segar, buah, atau daging. Hal ini dikarenakan agar makanan tak gampang rusak karena disimpan dalam suhu yang terjaga.

Selain itu, kulkas juga kerap digunakan untuk menyimpan roti tawar. Kebanyakan orang akan menyimpan roti yang dibeli ke dalam kulkas. Namun, sebenarnya bisa tidak sih roti tawar disimpan di dalam kulkas?

Cara menyimpan roti memang sedikit berbeda dengan makanan segar lainnya. Jika disimpan di kulkas, roti justru menjadi cepat basi. Itu karena roti tersebut menjadi kering dan mengeras sebelum akhirnya berjamur.

Saat roti disimpan di tempat bersuhu dingin yang sifatnya tidak membekukan, dalam ilmu kimia ada proses rumit yang disebut “retrogradasi dan rekristalisasi pati” (dimulai ketika roti mendingin setelah dipanaskan selama pemanggangan), pati kemudian akan berkumpul kembali kembali ke aslinya maka itu, roti bisa menjadi keras.

Berbeda halnya jika disimpan dalam freezer. Pembekuan justru akan menghambat proses rekristalisasi tadi. Kamu bisa membungkus roti tawar dengan plastik atau kertas sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Lalu, saat kamu ingin memakannya kembali, Kamu bisa menggunakan microwave agar roti hangat dan kembali empuk.

Melansir Huffingtonpost, David Norman, seorang ahli roti dan pemilik beer garden, Easy Tiger, mengatakan, menyimpan roti yang benar justru di suhu ruangan.

Baca Juga: Katanya Bisa Bikin Awet, Ternyata Menyimpan Roti di Kulkas Salah Besar!
Ini Alasan Mengapa Makanan yang Digoreng Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan

“Untuk membuat roti awet, mulai untuk tidak membeli potongan roti. Karena kita tahu, di rak toko itu seringkali roti telah diiris kecil. Jika Anda ingin langsung memakannya tidak masalah, namun jika ingin membuatnya tetap enak selama beberapa hari, Anda harus memotongnya di meja,” kata Norman.

Roti adalah makanan yang tidak kuat lama. Dalam waktu 3-5 hari saja, roti bisa tidak layak makan dan akhirnya jamuran. Tidak semua makanan baik disimpan di kulkas, salah satunya adalah roti. Kenali bahan makanan dan cara penyimpanannya, agar manfaatnya pun bisa diperoleh secara maksimal.

Video Terkait