Jual Kebab di Ibu Kota Pria Ini Kantongi Jutaan Rupiah Setiap Hari

Sulaiman (36) penjual kebab di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. (Sariagri/Arif Ferdianto)

Editor: M Kautsar - Selasa, 10 Mei 2022 | 15:10 WIB

Di Ibu Kota Jakarta banyak sekali kita temukan ragam kuliner baik dari nusantara hingga mancanegara. Kebab menjadi salah satu panganan yang banyak digemari masyarakat, bisnis kuliner khas Turki ini pun begitu menguntungkan di Ibu Kota.

Sulaiman (36) pria asal Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan ini misalnya, sejak lima tahun terakhir telah menggeluti bisnis kuliner yang diberi nama Kebab Turki. Namun, sebelum menjual kebab, pria yang akrab disapa Eman ini telah menjajal segala macam bisnis di Ibu Kota.

“Saya dari dulu dagang kuliner cuma kebab ini yang terakhir. Dulu pempek juga pernah, dagang kerupuk, mainan juga pokoknya turun ke dunia perdagangan tahun 1997 jual kerupuk Palembang di Padang, Bukit Tinggi,” ujar Sulaiman, saat ditemui Sariagri di kedai Kebab Turki Eman, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Eman mengungkapkan bahwa dari sekian lama pengalamannya berjualan, dia pun memutuskan untuk fokus menjual kebab. Menurutnya, kuliner satu ini sangat simpel untuk disajikan, di mana, kata dia, semua bahan dengan sangat mudah didapatkan.

“Dulu nggak sengaja ketemu temen terus diajak dagang kebab, awalnya kerja terus dapat gaji terus kita bagi hasil, terus sekarang Alhamdulillah udah bisa buka sendiri,” ungkapnya.

“Ini bahannya udah jadi semua, tinggal beli dan ambil aja ada agennya. Jadi menurut saya kebab ini paling simpel dagangannya tinggal beli, nggak habis bisa disimpan buat besok,” tambahnya.

Adapun varian menu kebab yang dijajakan Eman di antaranya adalah kebab kecil seharga Rp10 ribu, kebab sedang Rp13 ribu, dan kebab besar Rp15 ribu. Tidak hanya itu, eman juga menyediakan topping tambahan seperti telur dengan menambah Rp3.000 dan keju Rp2.000.

Baca Juga: Jual Kebab di Ibu Kota Pria Ini Kantongi Jutaan Rupiah Setiap Hari
Lewat Marketplace, Milenial Ini Jual Nasi Uduk Kantongi Omzet Belasan Juta

Lebih lanjut Eman menambahkan bahwa dalam satu hari dia bisa menghabiskan 70-100 porsi kebab. Dia mengatakan, dalam satu hari dia bisa mendapatkan omzet sebesar Rp900 ribu – Rp1.200.000.

“Saya liburnya gak tentu gak ada waktu khususnya, kalau buka dari jam 4 sore sampai sehabisnya sih,” pungkasnya.

Video Terkait