Perdebatan Soal Mentega Terbaik Kerap Terjadi di Kalangan Pembuat Kue

Ilustrasi - Mentega. (Pexels)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 9 Mei 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Mentega kerap menjadi subyek perdebatan para pembuat kue atau roti. Beberapa dari mereka memilih mentega Eropa dengan kandungan lemak tinggi untuk menghasilkan tekstur lebih lembut. Sementara beberapa lainnya lebih memilih menggunakan mentega Amerika dengan kandungan lemak lebih rendah dan rasa lebih netral.

Perdebatan lainnya soal mentega adalah asin versus tidak asin dan masih banyak lagi. Para pembuat kue dan roti profesional di dunia berusaha menjelaskan alasan mereka menggunakan mentega pilihannya:

Mentega Eropa

“Mentega Eropa meningkatkan kualitas dan konsistensi makanan panggang Anda,” ujar Adam Finzel, chef di Willa's di Tampa, Florida seperti dilansir Huff Post.

“Ini sangat baik untuk memanggang roti dan jenis adonan apa pun. Kandungan lemak yang lebih tinggi menambah kelembutan dan struktur karena mentega tidak menguap seperti air saat dipanggang. Ini satu-satunya mentega yang saya gunakan di tempat kerja dan di rumah,” tambahnya.

Kara Enache, koki pastry di Black Bear Bread Co., Florida juga lebih menyukai jenis mentega seperti itu.

“Ini lebih lentur dan lebih mudah dikerjakan. Mentega gaya Eropa juga menciptakan rasa lebih berani tanpa harus menggunakan jumlah  berlebihan. Saya menggunakannya di hampir semua hal di toko roti, khususnya dalam proses laminasi. Kami menggunakannya untuk croissant, Denmark dan apapun yang memiliki banyak lapisan di dalamnya,” katanya.

Enache menggunakannya untuk adonan kuenya, tetapi dengan twist.

“Jika Anda di rumah dan seperti saya, Anda kesulitan mendapatkan lapisan yang bagus seperti buatan nenek dan ibu saya, lipatlah beberapa kali,” kata Enache.

“Anda secara otomatis mengerjakan lebih banyak lapisan ke dalam adonan dan kemudian memiliki kerak luar biasa. Ini adalah proses pembuatan croissant, tetapi dalam adonan pai,” lanjutnya.

Mentega Amerika

Baca Juga: Perdebatan Soal Mentega Terbaik Kerap Terjadi di Kalangan Pembuat Kue
Mengenal 7 Jenis Keju Paling Sehat dan Enak



Hilary Lamont, koki pastry di Asheville Proper North Carolina, memilih menggunakan mentega Amerika.

“Untuk memanggang, mentega pilihan saya gaya Amerika. Ini menawarkan ketersediaan luas, lemak dan rasa. Kandungan lemak lebih tinggi dari mentega Eropa dan juga enak. Tapi menurut saya paling enak dinikmati dengan dioleskan di atas roti panggang,” kata Lamont.

Di Highlands, North Carolina, koki kue eksekutif Oak Steakhouse Anne White sependapat dengan lamint.

“Gaya Amerika cocok dengan spektrum yang luas dari sebagian besar resep. Sedangkan jika Anda mencoba menggunakan mentega ala Eropa dalam resep Anda mungkin hasilnya tidak benar karena kandungan lemaknya berbeda,” kata White. 

 

Video Terkait