4 Makanan Ini Dapat Menghilangkan Rasa Pedas di Lidah

Komoditas cabai merah. (Pxhere)

Editor: Putri - Minggu, 8 Mei 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Beberapa orang tidak terlalu menyukai makanan pedas karena meninggalkan rasa terbakar di mulut. Sensasi terbakar yang intens ini dapat berlangsung dari menit ke jam, membuat kamu tidak punya pilihan selain meneguk air.

Makanan pedas mendapatkan intensitas terbakar dan dapat dinetralkan dengan makanan tertentu. Untuk berhenti merasakan rasa panas di lidah, tidak hanya hilang dengan minum air.

Mengutip Medical Daily, berikut empat makanan yang dapat meredakan sensasi pedas pada lidah.

1. Susu

Ketika berbicara tentang makanan pedas, produk susu, terutama susu biasa, membantu lidah kamu yang terasa terbakar. Penangkal populer ini berasal dari sekitar 8.000 tahun yang lalu ketika orang Amerika Tengah dan Selatan mulai menambahkan cabai ke masakan mereka.

Mereka mencari cara untuk mendinginkan lidah yang terbakar. Kasein, protein dalam susu, menurut American Chemical Society, membantu memutus ikatan capsaicin yang terbentuk pada reseptor saraf.

Hal tersebut menjelaskan mengapa tradisi yang menggunakan banyak rempah-rempah dalam makanan mereka biasanya memasukkan susu dalam resep mereka. Hal tersebut untuk mengimbangi efek capsaicin, seperti dalam masakan India dan Meksiko.

2. Satu Sendok Gula

Gula benar-benar dapat membantu menetralkan pedas. Gula pasir dan madu akan mengurangi pedas pada lidah. Makanan manis ini dapat menyerap minyak pedas dan akan memberikan rasa yang berbeda.

3. Cokelat

Kandungan lemak dalam cokelat akan membantu menghilangkan sebagian capsaicin dari mulut karena lebih larut dalam lemak daripada larutan berbasis air.

Cokelat susu lebih ampuh menghilangkan rasa pedas dari pada cokelat hitam. Hal tersebut dikarenakan cokelat susu memiliki kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Dapat Menghilangkan Rasa Pedas di Lidah
Intip 5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

4. Sepotong Roti

Di meja makan, sekeranjang roti biasanya berada dalam jangkauan seseorang. Sepotong roti dapat meredakan mulut yang terbakar akibat makanan pedas.

Beras juga dapat memberikan efek yang sama seperti roti, tetapi mungkin menyerap lebih sedikit minyak karena tekstur butirannya.

Video Terkait