Hidup Lebih Sehat, Berikut 4 Cara Mengganti Permen dengan Buah-buahan

Ilustrasi Buah-buahan (Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 8 Mei 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Banyak jenis permen yang sarat dengan pewarna, perasa dan berbagai bahan aditif lainnya. Jika ingin mulai hidup sehat, saatnya melewatkan bahan-bahan yang tidak sehat tersebut dan ganti permen dengan buah-buahan.

Buah-buahan mengandung gula alami serta memberikan nutrisi, vitamin, dan mineral yang bermanfaat. Serat dalam buah-buahan juga membuat kamu merasa kenyang, tidak seperti kebanyakan permen.

Mengutip SFGate, berikut cara mengganti permen atau makanan manis lainnya dengan buah-buahan.

1. Singkirkan Permen yang Dimiliki

Langkah pertama untuk mengganti permen dengan buah-buahan adalah menghilangkan godaan. Sekantong gula-gula yang kamu miliki di laci meja, di meja kamar, dan simpanan permen lainnya harus disngkirkan.

Jika kamu tidak ingin membuangnya, bawalah ke tempat kerja untuk rekan kerja atau berikan kepada teman. Hal ini mencegah kamu untuk menyerah pada keinginan memakan permen.

2. Sedia Selalu Buah Segar

Menyimpan semangkuk buah di kamar yang sering kunjungi membuat pengganti permen lebih menarik. Cuci buah-buahan terlebih dahulu sehingga siap untuk dimakan, rencanakan buah apa yang ingin kamu jadikan sebagai camilan.

Potong buah-buahan yang perlu dikupas menjadi potongan-potongan seukuran permen dan simpan dalam kotak buah mini dan lemari es. Ambil ketika kamu ingin ngemil, alih-alih mengambil sekantong permen.

3. Buah Beku Alih-alih Permen

Jika favorit kamu adalah permen keras, belilah sekantong beri beku atau buah cincang. Sebagai alternatif, siapkan buahnya, sebarkan di atas loyang dan bekukan selama satu jam sebelum memasukkannya ke dalam tas agar buah tidak saling menempel. Masukkan sepotong buah beku ke dalam mulut dan isap sampai cukup mencair untuk dikunyah.

4. Siapkan Buah-buahan Kering

Untuk suguhan manis yang kenyal, buah-buahan kering adalah pilihan terbaik. Sebagian besar pedagang memiliki berbagai pilihan buah kering; hindari varietas manis, yang hampir sama buruknya dengan permen.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat, Berikut 4 Cara Mengganti Permen dengan Buah-buahan
Sederet Buah dan Sayur yang Wajib Dikonsumsi Wanita

Simpan sekantong buah-buahan kering di laci, tempat permen, atau di mana pun kamu sering menaruh camilan. Kamu juga bisa mengeringkan buah sendiri.

Iris tipis-tipis buah yang ingin kamu keringkan, sebarkan di atas loyang. Kemudian jemur atau oven selama 10 hingga 12 jam. Buahnya tidak akan mempertahankan warnanya kecuali kamu mencelupkannya ke dalam asam askorbat atau beberapa jenis jus jeruk sebelum mengeringkannya. Cara ini juga membantu membunuh bakteri.

Video Terkait