5 Makanan Ini Membuatmu Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet

Ilustrasi sup. (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 6 Mei 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Apa yang kamu makan dapat menentukan seberapa kenyang dirimu, karena makanan memengaruhi sensasi kenyang secara berbeda. Misalnya, kamu membutuhkan sedikit kalori untuk merasa kenyang dari kentang rebus atau oatmeal daripada dari es krim.

Makanan yang mengenyangkan dapat menangkal rasa lapar dan membuat makan lebih sedikit pada waktu makan berikutnya. Untuk alasan ini, jenis makanan ini akan membantu kamu mengelola berat badan dalam jangka panjang atau diet.

Mengutip Healthline, berikut makanan yang dapat memberikan efek kenyang yang lama.

1. Kentang Rebus

Kentang yang dimasak dan tidak dikupas adalah sumber baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan potasium. Kentang kaya akan air dan karbohidrat serta mengandung serat dan protein dalam jumlah sedang.

Umbi-umbian tersebut juga hampir tidak mengandung lemak dibandingkan dengan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya.

2. Telur

Telur sangat sehat dan padat nutrisi. Sebagian besar nutrisi ditemukan dalam kuning telur, termasuk antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain itu, telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Telur besar mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk sembilan asam amino esensial. Makanan ini sangat mengenyangkan dan mendapat skor tinggi pada indeks rasa kenyang.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang populer. Oatmeal cukup rendah kalori dan merupakan sumber serat yang baik, terutama serat larut yang disebut beta glukan. Makanan ini mendapatkan skor tinggi pada indeks makanan mengenyangkan.

Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa peserta merasa lebih kenyang dan kurang lapar setelah makan oatmeal dibandingkan dengan sereal sarapan siap saji. Mereka juga makan lebih sedikit kalori saat makan siang.

4. Ikan

Ikan sarat dengan protein berkualitas tinggi. Hal ini juga kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak esensial yang harus diperoleh dari makanan.

Menurut sebuah penelitian pada 2008, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein dalam ikan mungkin memiliki efek yang lebih kuat pada rasa kenyang daripada sumber protein lainnya.

5. Sup

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sup sebenarnya lebih mengenyangkan daripada makanan padat yang mengandung bahan yang sama.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Membuatmu Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet
Berkhasiat! 5 Produk Alam Ini Mampu Mencegah Kanker Kulit

Dalam satu penelitian yang lebih tua, para sukarelawan mengonsumsi makanan padat, sup kental, atau sup halus yang dimasukkan ke dalam food processor.

Menariknya, sup halus memiliki dampak terbesar pada rasa kenyang dan tingkat pengosongan perut paling lambat, diikuti oleh sup kental.

Video Terkait