5 Sayuran Ini Kaya akan Protein, Bisa Diolah dengan Mudah!

Ilustrasi brokoli. (Unsplash)

Editor: Putri - Jumat, 6 Mei 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Sangat penting untuk memasukkan sumber protein yang sehat dalam menu makanan setiap hari. Protein membantu tubuh dengan sejumlah fungsi penting dan membantu mempertahankan massa otot.

Ketika memikirkan protein, steak atau ayam mungkin terlintas di benak. Tetapi jika kamu tidak terlalu makan banyak daging, kamu masih memiliki pilihan lain untuk memastikan mendapatkan jumlah protein yang direkomendasikan yang dibutuhkan tubuh.

Jangan khawatir, karena ada banyak alternatif nabati yang kaya protein. Cobalah opsi ini untuk banyak variasi. Kamu dapat menikmatinya sebagai lauk atau hidangan utama yang mengenyangkan.

Mengutip Healthline, berikut sayuran sumber protein.

1. Edamame

Edamamae memiliki total protein 18,46 gram per cangkir. Jika kamu biasanya hanya makan edamame di restoran sushi, saatnya untuk mulai menikmatinya di rumah.

Kacang edamame dikemas dengan protein nabati, vitamin, dan mineral yang sehat.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau rebus memiliki jumlah protein sebanyak 8,58 gram per cangkir. Jika kamu berpikir kacang hijau lembek dan tidak menggugah selera, kamu tidak sendirian. Tapi kacang hijau bisa menjadi tambahan yang lezat untuk banyak resep.

3. Almond

Total protein almond yang sudah dipanggang adalah 5,94 gram per ons. Pastinya, kacang almond enak dan bergizi.
Kacang almond adalah sumber protein, lemak sehat, vitamin E, dan antioksidan. Dapatkan nutrisi paling banyak dengan mengonsumsi almond dengan kulit utuh.

4. Kentang

Total protein kentang panggang beserta kulitnya adalah 4,55 gram per 1 kentang ukuran sedang. Tidak hanya protein, kentang memiliki kandungan vitamin C dan B-6.

Cobalah kentang russet atau kentang merah untuk meningkatkan protein yang lebih besar. Poin ekstra jika kamu memakan kulitnya!

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Kaya akan Protein, Bisa Diolah dengan Mudah!
Rekomendasi 5 Sayuran Rendah Glikemik untuk Penyandang Diabetes

5. Brokoli

Total protein brokoli adalah sekitar 4,28 gram per 1 batang. Oleh sebab itu, ada alasan mengapa orang tuamu selalu menyuruhmu memakan pohon hijau kecil ini.

Selain protein, brokoli menawarkan serat yang mengenyangkan seperti vitamin K dan C, dan banyak lagi. Jangan lupa makan batangnya!

Video Terkait