Intip 5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Semangka (Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Memiliki tekanan darah tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Obat-obatan, perubahan pola makan, dan modifikasi gaya hidup lainnya dapat mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus menurunkan risiko kondisi terkait. Banyak peneliti telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengutip Medical News Today, berikut makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

1. Buah Beri

Blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid. Hal tersebut berdasarkan penelitian dengan lebih dari 34.000 orang dengan hipertensi.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan antosianin tertinggi, terutama dari blueberry dan stroberi, memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8 persen. Dibandingkan dengan mereka yang asupan antosianinnya rendah.

Nikmati buah beri sebagai camilan atau camilan manis setelah makan atau tambahkan ke smoothies dan oatmeal.

2. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium, mineral yang memainkan peran penting dalam mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium.

Menurut American Heart Association, potasium mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Orang dewasa harus mengonsumsi 4.700 miligram potasium setiap hari. Makanan kaya kalium lainnya termasuk:

  • Alpukat
  • Melon
  • Jamur
  • Ubi jalar
  • Tomat
  • Tuna

3. Cokelat Hitam

Camilan manis ini dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah tinjauan dari 15 percobaan menunjukkan bahwa cokelat kaya kakao mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi atau prahipertensi.

Pilih cokelat berkualitas tinggi yang mengandung minimal 70 persen kakao. Konsumsi satu kotak atau sepotong berukuran sekitar 1 ons, setiap hari. Berbagai cokelat hitam tersedia untuk dibeli secara daring maupun di supermarket.

4. Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah pada orang memiliki tekanan darah yang sedikit meninggi, menurut hasil satu studi.

Para peneliti juga membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah sedikit tinggi. Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan.

Dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Para peneliti menduga bahwa zat bioaktif dalam kiwi menyebabkan pengurangan tersebut. Kiwi mudah ditambahkan ke makan siang atau smoothie.

5. Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Efek tersebut membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Intip 5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Lagi Bad Mood? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membuatmu Kembali Ceria

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan prahipertensi atau hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka, menunjukkan penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

Para peneliti juga menemukan bahwa hewan yang diberi diet kaya akan semangka memiliki kesehatan jantung yang lebih baik. Dalam sebuah penelitian, tikus yang minum larutan yang mengandung jus semangka memiliki plak 50 persen lebih sedikit di arteri mereka.

Video Terkait