Berkah Lebaran, Produsen Ketan Durian Raup Untung Rp10 Juta

Proses pembuatan jajanan ketan durian. (Sariagri/Arief L)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 3 Mei 2022 | 19:30 WIB

Lebaran tahun ini pemerintah mengizinkan warga untuk mudik ke kampung halaman. Aktivitas mudik tahun ini membuat produsen jajanan ketan durian pandan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur meraup untung berlipat.

Salah satu pembuat jajanan ketan durian yang meraup untung adalah Aldilla Rizki. Menurut dia, jajanan tradisional ketan durian pandan banyak dicari konsumen untuk dinikmati bersama keluarga atau oleh-oleh tamu saat lebaran.

“Ketan durian pandan kini terus diburu para konsumen, terutama pemudik yang pulang kampung ke Jombang untuk oleh-oleh ketika kembali ke kota maupun suguhan bagi tamu saat berlebaran,’ ujar pemilik toko Athree itu kepada Sariagri.id, Selasa (3/5/2022)

Toko Athree berada di Jalan Raya KH Wahab Hasbullah, Jombang. Larisnya jajanan khas Jombang itu karena berbahan baku durian segar dari pegunungan Anjasmoro, Kecamatan Wonosalam.

“Selain terbuat dari campuran durian asli khas pegunungan anjasmoro, kue ini makin terasa legit dan nikmat karena dipadukan dengan ketan dan dibungkus daun pandan. jajanan ini banyak dicari sebagai alternatif suguhan keluarga dalam merayakan idul fitri,” katanya.

Aldilla menjelaskan proses pembuatan jajanan itu cukup sederhana. Bahan baku berupa durian, ketan, serta daun pandan dipadukan menjadi satu dan dibentuk. Seluruh olahan itu, kemudian dikukus menjadi satu hingga matang.

Dia menambahkan keuntungan penjualan ketan durian pandan dan aneka kue lebaran tahun ini meningkat hingga tiga kali lipat dibanding lebaran tahun lalu.

Baca Juga: Berkah Lebaran, Produsen Ketan Durian Raup Untung Rp10 Juta
Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Tahun ini, dia meraup keuntungan Rp10 juta dalam dua hari lebaran. Keuntungan ini meningkat lebih dari tiga kali lipat dibanding tahun lalu yang sebesar Rp3 juta. 

“Harga kue ketan durian pandan sangat terjangkau yakni hanya Rp5.000 saja per bijinya. Selain memproduksi ketan durian pandan, saya juga membuat bolen durian dan nastar durian. Dari ketiga varian yang paling laris itu, hanya dalam waktu dua hari lebaran ini sudah meraup untung Rp10 juta,” tandasnya.

Sariagri -  

Video Terkait