Menu Plant Based Bisa Jadi Pilihan Saat Lebaran

Selebriti chef Yuda Bustara. (Instagram @yudabustara)

Editor: M Kautsar - Selasa, 3 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Sajian lebaran identik dengan opor ayam dan juga rendang. Namun, saat kamu bosan dengan sajian tinggi lemak tersebut dapat menggantinya dengan menu lain yang berbahan dasar tanaman.

Selebriti chef, Yuda Bustara, yang juga penggiat gaya hidup sehat mengatakan, mengatakan sajian dengan bahan baku dari tanaman bisa menjadi pilihan sehat, lho.

Beberapa menu yang dimaksud, antara lain gulai cubadak, opor nangka atau jantung pisang.

"Karena sekarang banyak yang beralih non meat karena lingkungan dan kepercayaan, jadi banyak juga menu lebaran, plant based, seperti gulai cubadak atau opor nangka atau jantung pisang," kata Yuda saat dihubungi Sariagri, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, santan yang menjadi salah satu ciri khas dari sajian lebaran juga bisa diganti dengan bahan lain, seperti susu soya atau susu sapi. Hal ini dianggap lebih aman dikonsumsi oleh kamu yang memiliki masalah pencernaan.

Baca Juga: Menu Plant Based Bisa Jadi Pilihan Saat Lebaran
Cegah Angka Timbangan Melonjak Saat Libur Lebaran

"(Mengganti santan) bisa banget. Saya juga udah jarang pakai santan, bisa diganti susu sapi atau susu soya. Pakai susu rendah lemak juga bisa, rasanya akan lebih light, kalo mau yang creamy tanpa santan, biar pakai creamer kopi," ujar dia.

Sementara itu, untuk sajian penutup, Yuda juga merekomendasikan cendol untuk dihidangkan saat lebaran tiba nanti.

"Saya suka banget cendol, karena waktu tinggal di Malaysia dulu, hari raya ada cendolnya, tapi cendolnya dengan topping jagung manis dan nasi ketan dan duren," pungkas dia.

Video Terkait