Teknik Makan Jepang ini Bantu untuk Turunkan Berat Badan

Ilustrasi cara makan orang Jepang. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Selasa, 3 Mei 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Memiliki berat badan ideal memang dambaan setiap orang. Walaupun berat badan ideal dan kebutuhan makan setiap orang berbeda-beda.

Melansir Women's World, kebiasaan makan berlebih mungkin membuat para pelaku diet merasa tersiksa. Apalagi ketika harus mengurangi makan atau menghilangkan makan malam.

Teknik makan Jepang yang dikenal sebagai "hara hachi bun me" menjadi salah satu solusi untuk para pelaku diet. Menurut penulis Kaki Okumura, frasa tersebut diterjemahkan sebagai 8/10 perutmu.

"Seperti yang bisa kamu tebak dari situ, itu berarti memastikan sendiri bahwa kamu merasa sudah kenyang sekitar 80 persen. Itu dia. Tidak menghitung kalori, karbohidrat, atau waktu yang dihabiskan untuk berpuasa di antara waktu makan. Ini mungkin terdengar agak terlalu sederhana, tetapi ada sedikit lebih dari itu," ucapnya.

Meskipun hara hachi bun me tidak membatasi seseorang dari jenis makanan yang dimakan, Okumura menyarankan untuk berfokus pada makanan kaya nutrisi daripada kalori kosong seperti keripik kentang atau makanan manis.

Makanan yang kurang bergizi cenderung membuat seseorang cepat kenyang tetapi hanya dalam waktu singkat. Hal itulah yang jadi penyebab makan lebih banyak.

Sebaiknya, fokuslah pada buah-buahan, sayuran, protein dan biji-bijian yang bisa membuat kenyang lebih lama. Selain itu, ha tersebut akan lebih memahami sinyal perut.

Namun, bagaimana benar-benar menghentikan makan ketika sudah 80 persen kenyang? Mirip dengan makan intuitif, Okumura merekomendasian untuk makan perlahan dan beristirahat untuk memberi waktu pada tubuh memproses makanan dan menafsirkan perasaan yang sebenarnya.

Sebenarnya, hal ini seperti sedang bermain tebak-tebakan. Namun latihan perlu dilakukan untuk menemuan titik penuh 80 persen.

Baca Juga: Teknik Makan Jepang ini Bantu untuk Turunkan Berat Badan
Ahli Gizi: Puasa Salah Satu Cara Mengatur Pola Makan

Hal lain yang menjadi saran Okumura adalah berhentilah untuk terobsesi dengan apa yang dimakan. Ada perbedaan antara menjadi sadar dan membiarkan makanan terus menerus menghabiskan pikiran.

Hara hachi bun me harus menjadi kebiasaan. Kosongkan ruang di pikiran untuk hal-hal menyenangkan daripada menekankan tentang berapa banyak kalori yang telah dikonsumsi.

Video Terkait