Intip Cara Mengolah Semangka Menjadi Keripik yang Manis dan Gurih

Ilustrasi semangka. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Semangka dikenal sebagai buah dengan kadar air yang tinggi. Buah ini sangat menyegarkan saat ketika dimakan di cuaca nan terik.

Tak heran bila banyak orang yang memilih semangka sebagai pilihan buah segar untuk dikonsumsi. Namun, semangka ternyata dapat kamu sajikan dengan cara yang berbeda, yaitu dengan membuatnya jadi keripik.

Prinsip dasar dalam mengolah semangka menjadi keripik buah adalah dengan menghilangkan kadar air dalam buah menggunakan vacuum fryer sehingga lebih mudah dijadikan keripik.

Mesin ini digunakan untuk menggoreng keripik semangka dengan tingkat suhu tertentu, sehingga tidak akan bisa merusak atau menghancurkan buah semangka itu.

Berbeda jika kamu menggunakan wajan penggorengan biasa yang bisa membuat buah semangka malah akan menjadi rusak dan bahkan hancur, karena pemanasan suhu dalam wajan yang terlalu panas.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada di dalam keripik semangka agar menjadi renyah dan kriuk.

Baca Juga: Intip Cara Mengolah Semangka Menjadi Keripik yang Manis dan Gurih
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

Dengan menggunakan mesin vacuum fryer, buah semangka digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 50 derajat hingga 60 derajat Celsius sehingga tidak merusak buah semangka tersebut.

Selain itu aroma dan warnanya tidak berubah banyak, keripik semangka awet disimpan dalam jangka waktu lama walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet.

Video Terkait