Intip 5 Manfaat Air Dingin untuk Tubuh, Tidak Hanya Menghilangkan Haus

Air es. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 2 Mei 2022 | 17:50 WIB

Sariagri - Tidak ada yang terasa lebih baik daripada memuaskan dahaga dengan segelas air dingin. Banyak dari kita telah mendengar rekomendasi minum delapan gelas air per hari, yang setara dengan 2 liter atau setengah galon air.

Air dingin selalu disalahpahami penyebab pilek atau sakit kepala. Namun sebenarnya, ada berbagai manfaat
kesehatan untuk kesehatan.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat air putih dingin untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Baca Juga: Intip 5 Manfaat Air Dingin untuk Tubuh, Tidak Hanya Menghilangkan Haus
Apa yang Harus Dikonsumsi ketika Diare? Berikut Penjelasannya



Kita semua tahu bahwa tingkat metabolisme yang cepat merupakan indikator kesehatan yang baik. Banyak orang berada di bawah kesalahpahaman bahwa air putih dingin menyebabkan pertambahan berat.

Minum air putih dingin sebenarnya meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di majalah Active, peneliti Jerman menemukan bahwa minum enam cangkir air dingin sehari meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 50 kalori setiap hari.

2. Mitra Wajib Olahraga

Kabar baiknya adalah bahwa air dingin adalah mitra olahraga yang sangat baik. Menurut WebMD, tinjauan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang minum sekitar 50 persen lebih banyak air dingin dibandingkan dengan minum air hangat saat berolahraga.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di tempat yang panas dan lembap memiliki peningkatan suhu tubuh inti secara bertahap ketika mereka minum air dingin daripada air hangat.

Baik berlari, bersepeda, atau angkat beban, tampaknya minum air dingin membuat seseorang mampu berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah.

Saat pergi ke gym atau berlari, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan dingin, bawalah sebotol H2O dengan es batu.

3. Meningkatkan Adrenalin

Air dingin mengaktifkan sensor tepat di bawah kulit kita, yang kemudian meningkatkan detak jantung dan menambah adrenalin untuk memberi kita perasaan awas.

Adrenalin membantu kamu tetap waspada dan siap secara mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa selain kafein, minum air es membantu kamu tetap penuh perhatian dan fokus.

Memiliki pikiran yang waspada dengan produksi adrenalin yang lebih baik, mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih cepat, karenanya meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

4. Rehidrasi

Apa kamu cenderung kehabisan tenaga lebih cepat dari biasanya? Beralihlah ke air dingin alih-alih air hangat atau air bersuhu ruangan.

Para ahli di Universitas Columbia menunjukkan bahwa perut manusia menyerap air minum yang didinginkan jauh lebih cepat daripada air hangat atau suhu kamar.

5. Detoksifikasi

Air putih dingin mampu mengeluarkan racun dari tubuh, jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah penumpukan racun pada sistem kekebalan tubuh.

Video Terkait