Segudang Manfaat Mengonsumsi Jamur Shitake yang Jarang Diketahui

Ilustrasi jamur shitake (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 4 Mei 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Ada berbagai macam jamur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah jamur shitake. Jamur ini sering hadir dalam berbagai jenis masakan Jepang, terutama masakan berbahan daging dan aneka jenis sup.

Selain rasanya yang lezat, nutrisi jamur shitake sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya yakni mengandung vitamin D, selenium, dan vitamin B. Kandungan tersebut memberi manfaat dalam mendukung metabolisme tubuh.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat Sobat Agri dapatkan jika mengonsumsi jamur shitake:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jamur shitake bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Manfaat ini diduga karena kandungan yang dimiliki jamur ini, yakni asam amino, antioksidan, selenium, vitamin B kompleks, dan zinc.

Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat virus dan bakteri.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat selanjutnya dari jamur shitake ini adalah memelihara kesehatan jantung. Pasalnya di dalam jamur ini mengandung beta-glukan, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Jamur ini juga dikatakan bebas lemak jenuh, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis, yaitu penumpukan kolesterol di dalam pembuluhuh darah.

3. Menurunkan risiko kanker prostat

Tahukah kamu jika jamur shitake merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan ergothioneine. Ergothioneine sendiri merupakan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya kamu rutin mengonsumsi jamur shitake sebanyak 1–2 minggu sekali.

Baca Juga: Segudang Manfaat Mengonsumsi Jamur Shitake yang Jarang Diketahui
Resep Olahan Masakan dari Bahan Jamur Shitake

4. Mencegah penyakit gingivitis

Mungkin mendengar nama gingivitis masih asing bagi kamu. Gingivitis adalah penyakit gigi yang disebabkan oleh penumpukan plak dan bakteri jahat. Menurut sebuah penelitian, jamur shitake memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dengan demikian, konsumsi jamur shitake bisa mencegah berkembangnya bakteri jahat penyebab gingivitis.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Jamur shitake adalah salah satu sumber vitamin D alami yang berasal dari tumbuhan. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan kekuatan tulang. Selain terkandung di dalam makanan, seperti jamur dan ikan, vitamin D juga secara alami dihasilkan tubuh saat terpapar sinar matahari.

Video Terkait