Ini Cara Hindari Lemak Akibat Makan Opor hingga Gulai Saat Lebaran

Ilustrasi opor ayam. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 2 Mei 2022 | 09:30 WIB

Sariagri - Di hari Raya Idul Fitri, sejumlah makanan seperti Opor, Rendang dan Gulai kerap menjadi menu andalan. Selain enak, makanan ini juga membuat nafsu makan seseorang menjadi bertambah.

Sayangnya, jenis makanan tersebut memiliki kandungan yang tidak baik bagi kesehatan, salah satunya dapat menimbulkan lemak tidak baik di dalam tubuh.

Jangan khawatir, agar bisa menikmati opor, rendang dan juga gulai saat lebaran Idul Fitri, dr. Zaidul Akbar memiliki tips dan resep untuk mengatasi lemak tidak baik.

Untuk mengatasi lemak tidak sehat akibat mengonsumsi jenis makanan bersantan itu, dr. Zaidul Akbar menyarankan agar mengonsumsi jamur.

Jenis jamur seperti enoki, jamur kuping, jamur kancing ataupun jamur champignon, memiliki manfaat untuk merontokkan lemak pada tubuh.

“Selain dengan olahraga atau mengkonsumsi rimpang dan rempah lainnya, mengkonsumsi jamur juga sangat ampuh untuk merontokkan lemak pada tubuh,” kata dr. Zaidul Abar, dikutip Sariagri dari Instagram pribadinya, Senin (2/5/2022).

Praktisi herbal dan penulis buku resep JSR ini menyebutkan bahwa jamur memiliki kandungan yang dapat mengikat logam berat dan tinggi serat. Praktis ia memiliki manfaat yang luar biasa yakni dapat merontokan lemak.

Untuk mengkonsumsi jamur tersebut menurut dr. Zaidul Akbar cukup dibuat menjadi sup saja. “Tentunya dengan cara memasak yang benar dan tanpa tambahan bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh,” tambah dr. Zaidul Akbar.

Karena itu, dr. Zaidul Akbar memberikan resep untuk mengolah sup jamur.

Ini tips dan cara membuat jamur untuk merontokan lemak dari dr. Zaidul Akbar:

Siapkan bahan-bahan berikut:

1. Jamur (untuk jamur sesuaikan seperti jamur yang di atas)

2. Jahe secukupnya

3. Kayu manis secukupnya

4. Cengkeh secukupnya

5. Air

Cara membuat:

Untuk membuat olahan jamur ini cukup gampang. Pertama, didihkan air kemudian masak dengan api kecil. Usai itu masukkan jamur, jahe, kayu manis, dan cengkeh yang sudah diiris-iris dan bisa tambahkan garam Himalaya atau garam rafinasi secukupnya.

Setelah matang, sup jamur ini siap dikonsumsi. “Makan supnya saja jangan pakai nasi, kentang dikit di mashed potato boleh. Kalau bisa anda makan 3/4 piring sup jamur ini dan kuahnya diminum ya, agar manfaat bisa lebih terasa,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Selain untuk merontokkan lemak, menurut dr. Zaidul Akbar jamur memiliki kandungan serat yang sangat tinggi hingga mampu untuk mengikat logam berat.

Baca Juga: Ini Cara Hindari Lemak Akibat Makan Opor hingga Gulai Saat Lebaran
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Sengaja Konsumsi Makanan Berjamur

“Jamur merupakan ciptaan Allah SWT yang sangat tinggi serat dan bahkan bisa mengikat logam berat ditubuh,” tulis dr. Zaidul Akbar.

Selain itu efek mengonsumsi jamur untuk tubuh adalah buang air besar menjadi lancar. Sebab kandungan serat pada jamur cukup tinggi sehingga tidak memperberat kerja pencernaan.

Video Terkait