Apakah Makanan Pedas Berbahaya? Simak Penjelasannya

Ilustrasi makanan pedas. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 3 Mei 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Makanan pedas begitu lekat dengan masyarakat Indonesia. Buktinya adalah adanya berbagai macam jenis sambal dan bumbu-bumbu pedas. Meski demikian, masih banyak orang beranggapan makanan pedas dapat merusak sistem pencernaan.

Melansir sejumlah sumber, makanan pedas dianggap berdampak buruk seperti menyebabkan perut melilit dan diare. Namun ada juga yang menganggapnya baik.

Apakah benar makanan pedas berbahaya? Sebenarnya, makanan pedas tidak berbahaya. Hanya saja ahli gizi mengingatkan untuk orang-orang dengan masalah pencernaan seperti asam lambung, sindrom iritasi usus dan penyakit radang usus harus hati-hati dengan makanan ini.

Baca Juga: Apakah Makanan Pedas Berbahaya? Simak Penjelasannya
Ini 9 Makanan B9 yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Cegah Penyakit Kronis

Untuk orang-orang dengan penyakit tersebut bisa saja menimbulkan efek samping ketika memakan makanan pedas.

Di samping itu, makanan pedas biasanya tergantung pada apa yang sedang dimakan seperti ayam pedas atau burger. Bisa jadi masalah bukan pada sambal atau saosnya tapi pada ayam atau dagingnya.

Makanan pedas ternyata menawarkan sumber gizi. Seperti misalnya paprika yang mengandung vitamin E, A, B6, K, zat besi dan serat. Untuk cabai dan lada hitam bersifat anti-inflamasi.

Meski demikian, makanlah makanan pedas secukupnya dan jangan berlebihan.

Video Terkait